Baju di Lemari Malah Kusut, Ini Tipsnya Agar Pakaian tetap Rapi

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 21:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 612 2221750 baju-di-lemari-malah-kusut-ini-tipsnya-agar-pakaian-tetap-rapi-ZEScPY5HK6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENYIMPAN pakaian di lemari memang bertujuan agar pakaian tetap rapi dah tidak rusak atau berdebu. Tapi, pernahkah pakaian yang ingin Anda pakai malah lecek dan kusut, setelah ditaruh dalam lemari.

Nah, sebenarnya pakaian tidak bisa langsung masuk ke lemari loh. Jika tidak benar-benar kering, malah menimbulkan jamur dan bau tidak sedap. Selain itu, perhatikan suhu lemari, simpan penyerap air agar lemari tetap kering dan tidak lembap.

Seperti dikutip dari Mom & Kiddie, ada beberapa hal loh yang harus diperhatikan ketika menyimpan baji dalam lemari. Yuk disimak.

- Keluarkan barang-barang dari saku baju sebelum menggantungnya, untuk mencegah perubahan struktur bahan dan juga kontaminasi pada bahan akibat kelunturan atau ketumpahan.

- Alasi bagian lemari yang akan diletakkan pakaian dengan kertas putih.

- Gantung pakaian yang mudah kusut, biasanya yang berbahan katun.

- Jangan menggantung busana yang terbuat dari bahan wol, atau rajut karena akan merusak bentuknya. Sweater dan semua jenis pakaian yang terbuat dari rajutan harus dilipat dan ditaruh di laci atau rak lemari.

- Masukkan busana berbahan wol ke dalam plastik agar seratnya dapat bertahan lebih lama dan jauh dari ngengat.

menyimpan di lemari baju

- Gantung kemeja dengan kondisi kancing atas, tengah dan bawah terkancing rapat, untuk mencegah peregangan.

- Gaun, kebaya dan jas yang tidak dipakai, cara terbaik menyimpannya dengan menggantung pada gantungan tebal dan lebar, yang tidak meregangkan area bahu.

- Lapisi busana yang memiliki aksen payet, studs dan bebatuan dengan clothing cover atau plastik agar tak tersangkut dengan busana lain di lemari.

- T-shirt (kaus) sebaiknya dilipat saja. Susun berdasarkan warna agar mudah dicari saat dibutuhkan, sekaligus akan membuatnya lebih tahan lama dan tidak cepat pudar.

- Pisahkan busana putih dengan yang berwarna lain atau yang terbuat dari bahan jeans agar tak luntur.

- Gantungkan celana panjang atau jeans pada gantungan tebal khusus guna mencegah lipatan horizontal di tengah pipa celana.

- Gunakan gantungan khusus rok yang memiliki klip untuk menjepit pinggang rok. Jadi rok terhindar dari bekas lipatan sekaligus terjaga bentuknya. Selain itu, rok juga bisa digulung dan disimpan di dalam laci.

- Bukalah pintu lemari secara berkala dan keluarkan isinya untuk beberapa saat agar tak berjamur akibat kekurangan sirkulasi udara di dalam lemari.

- Letakkan kamper atau alat penyerap kelembapan di lemari untuk mencegah timbulnya jamur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini