4 Kuliner yang Wajib Dicoba saat Liburan ke Kyoto Jepang

Dada Sathilla, Jurnalis · Sabtu 30 Mei 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 298 2222057 4-kuliner-yang-wajib-dicoba-saat-liburan-ke-kyoto-jepang-kBVt2B27OK.jpeg Kuliner khas Kota Kyoto, Jepang. (Foto: Istimewa)

JEPANG memanglah unik. Hampir setiap kota di Negeri Sakura memiliki kekhasan masing-masing, termasuk makanannya. Di Jepang tidak cuma Kota Osaka yang terkenal dengan kuliner dan jajanannya. Kyoto juga memiliki beberapa kuliner khas yang pastinya harus Anda coba ketika jalan-jalan ke sana.

Berikut ini 4 kuliner yang wajib Anda coba saat berada di Kota Kyoto, Jepang:

1. Kyo-Kaiseki

Sebuah pengalaman autentik yang bisa Anda rasakan di Kyoto adalah dengan mencicipi Kyo-Kaiseki. Kyo-Kaiseki adalah hidangan high class tradisional Jepang yang disajikan sebanyak 8-12 jenis makanan.

Guna mencicipi Kyo-Kaiseki sebaiknya Anda menyiapkan waktu 1 sampai 2 jam karena jumlah makanannya banyak.

Tempat yang menyediakan Kyo-Kaiseki di antaranya adalah ryokan atau rumah penginapan tradisional Jepang, rumah teh, serta di restoran teras yang menghadap ke Sungai Kamogawa dan di Lembah Kibune.

Kuliner khas Kota Kyoto, Jepang. (Foto: Istimewa)

2. Uji Matcha Desserts

Uji Matcha adalah bubuk matcha atau teh hijau yang diproduksi di Uji, sebuah kota kecil di sebelah selatan Kyoto. Bubuk matcha Uji banyak dipakai untuk desserts yang dijual di banyak restoran dan kedai dessert di Kyoto. Dessert-nya bermacam-macam, mulai es krim matcha, matcha cookies, jeli, dan matcha parfaits.

Salah satu tempat yang populer dengan Uji matcha-nya adalah Nishiki Ichiyo yang menjual matcha pancake dan popcorn rasa matcha.

3. Nishin Soba

Nishin Soba adalah mi kuah yang berisi soba dan nishin, yaitu ikan herring pasifik yang telah diawetkan. Kyoto terletak jauh dari laut sehingga ikan-ikan sering diawetkan agar bisa dimakan dalam jangka waktu yang lama.

Nishin Soba diciptakan oleh seorang sous-chef dari restoran Matsuba bernama Yosakichi pada tahun 1882.

Kuliner khas Kota Kyoto, Jepang. (Foto: Istimewa)

4. Kyozushi

Sama halnya dengan Nishin Soba, kyozushi juga tercipta berkat ikan yang diawetkan. Kyozushi adalah sushi versi Kyoto yang dibuat dari ikan yang diawetkan dengan cuka atau garam.

Beberapa jenis kyozushi yang paling terkenal adalah sabazushi yang dibuat dengan menggunakan ikan makarel dan hisago zushi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini