Kuliner di Bosnia Ternyata Banyak yang Halal Lho

Dada Sathilla, Jurnalis · Sabtu 30 Mei 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 298 2222125 kuliner-di-bosnia-ternyata-banyak-yang-halal-lho-Dw1v8G6Jx9.jpg Bosnia. (Foto: Hit-Booker)

SALAH satu tantangan bagi umat Islam saat sedang traveling adalah mencari makan. Seperti di negara-negara Eropa di mana Islam menjadi agama minoritas tentunya agak sulit mencari makanan halal. Kecuali saat jalan-jalan ke Bosnia-Herzegovina. Di negara pecahan Yugoslavia ini Anda bisa merasa tenang karena ada banyak makanan halal dan enak.

Bosnia-Herzegovina dulunya merupakan bagian dari Kekaisaran Utsmaniyah Turki selama lebih dari 400 tahun. Setelah merdeka dan menjadi negara sendiri pun pengaruh Utsmaniyah Turki masih terasa di negara yang berada di Eropa Tenggara ini. Salah satunya dalam hal kuliner.

Makanan halal di Bosnia. (Foto: Istimewa)

Di Kota Mostar, ada banyak kuliner yang terinfluenced dari makanan Turki. Berikut beberapa makanan halal yang bisa anda coba saat jalan-jalan ke sana:

1. Japrak

Japrak adalah potongan daging, wortel, peterseli, dan nasi yang dibungkus dengan kol dan disajikan bersama mashed potato.

2. Cepavi

Kebab berbentuk lonjong yang terbuat dari daging domba dan sapi. Disajikan bersama somun (roti pita bosnia), bawang mentah, tomat, serta keju.

3. Sup Begova

Sup tradisional Bosnia yang berisi sayuran dan ayam.

4. Tufahija

Dessert khas Bosnia yang yang terbuat dari apel diisi dengan kenari yang direbus dalam air gula. Dessert ini telah dikenalkan ke rakyat Bosnia sejak masa pemerintahan Utsmaniyah Turki.

Makanan halal di Bosnia. (Foto: Istimewa)

5. Kopi Bosnia

Mirip dengan kopi khas Turki, kopi bosnia disajikan dengan nampan tembaga dalam tiga wadah. Pertama adalah tempat kopi; kedua, tempat gula balok; dan ketiga, tempat minum.

Salah satu restoran yang recommended untuk menikmati makanan khas Bosnia adalah Restoran Sadrvan yang berada di Old Bazaar, tidak jauh dari jembatan Stari Most.

Di sini Anda bisa menikmati aneka makanan khas Bosnia yang halal sambil menikmati suasana kota tua.

Suasananya kental dengan nuansa tradisional Bosnia karena pelayannya memakai baju tradisional Bonia. Restoran Sadrvan buka dari jam 10 pagi hingga jam 12 malam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini