Melihat Hidangan Khas Idul Fitri dari Berbagai Negara

Ivankha Yulianto, Jurnalis · Sabtu 30 Mei 2020 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 298 2222133 melihat-hidangan-khas-idul-fitri-dari-berbagai-negara-V0O053ZRaU.jpg Haleem makanan Idul Fitri khas Turki. (Foto: Istimewa)

IDUL Fitri menandai berakhirnya bulan Ramadhan, bulan suci Islam. Kalender Islam didasarkan pada siklus bulan, sehingga periode Ramadhan yang tepat berlangsung bervariasi dari tahun ke tahun, tetapi tahun ini akan berakhir pada tanggal 24 Mei.

Umat Islam di dunia pastinya sangat bersuka cita menyambut hari raya Idul Fitri ini. Namun kali ini berbeda karena pandemi virus corona yang merebak di seluruh dunia.

Hal tersebut tidak menutup warga dunia untuk membuat hidangan khas Idul Fitri di tiap negara. Hidangan-hidangan yang disajikan pun sangat beragam.

Dikutip dari Thekitchn.com, Sabtu (30/5/2020), yuk lihat hidangan-hidangan khas Idul Fitri dari berbagai negara.

1. Dahi Baras (India dan Pakistan)

Makanan yang terbuat dari kacang dan juga yogur ini menjadi hidangan wajib di saat Idul Fitri di Pakistan dan India. Makanan ini memiliki ciri khas dengan rasa asam yang menyegarkan.

Dahi Baras makanan Idul Fitri khas India dan Pakistan. (Foto: Istimewa)

2. Kokoretsi (Turki)

Kokoretsi merupakan olahan jeroan domba atau kambing yang dilit dengan ususnya. Olahan ini dibakar dengan bumbu khas menyajikan sebuah hidangan sedap dan gurih. Sangat cocok disantap saat kumpul Idul Fitri bersama keluarga.

3. Haleem (Timur Tengah, India, Pakistan, Asia Tengah)

Haleem adalah hidangan menyerupai bubur yang terbuat dari gandum, lentil, dan daging. Saat Ramadhan tiba, hidangan ini menjadi hidangan favorit dan biasa tersaji saat Idul Fitri.

4. Nehari (Pakistan dan India)

Nehari adalah sup dari Pakistan dan India yang terdiri dari daging yang dimasak lambat, terutama daging betis sapi atau domba dan kambing, daging kambing dan ayam, bersama dengan sumsum tulang.

5. Rendang (Indonesia dan Malayasia)

Sepertinya hidangan satu ini sangat populer ketika Idul Fitri tiba, namun rendang juga menjadi hidangan wajib saat Lebaran di Malaysia. Daging sapi yang dimasak menggunakan santan kelapa dan dimasak hingga berwarna coklat ini sangat menarik untuk disantap bersama keluarga saat Lebaran.

6. Sheermal (India, Iran, Bangladesh)

Roti pipih yang terasa manis dengan rasa safron ini menjadi hidangan yang tidak boleh ketinggalan saat Idul Fitri di negara tersebut.

7. Ras Malai (India dan Pakistan)

Ras malai atau rosh malai adalah makanan penutup yang sering disajikan di India dan Pakistan. Nama ras malai berasal dari dua kata dalam bahasa Hindi: ras yang berarti "jus" dan malai yang berarti "krim".

8. Klaichi (Irak)

Kue yang diisi dengan kurma dan dibumbui dengan air mawar.

Lokum makanan Idul Fitri khas Turki. (Foto: Istimewa)

9. Lokum (Turki)

Permen yang lengket dan manis juga dikenal sebagai bentuk kesenangan warga Turki menyambut datang nya hari Idul Fitri.

10. Meat Pullaos (Asia Tenggara dan India)

Hidangan nasi dan daging yang dimasak dalam kaldu beraroma rempah-rempah khas dari berbagai negara di Asia Tenggara dan India.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini