4 Cara Cerdas Memilih Semangka yang Matang

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Senin 01 Juni 2020 07:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 30 298 2222192 4-cara-cerdas-memilih-semangka-yang-matang-o1LyBmoKxV.jpg Tips memilih semangka yang matang (Foto : Thedailymeal)

Ketika cuaca panas, memang paling enak memakan buah yang memiliki banyak kandungan air, salah satunya semangka. Buah berkulit hijau dalamnnya merah merona dengan rasa manis dan menyegarkan cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas.

Sayangnya ketika memilih buah semangka kita sering menemukan semangka yang belum matang sempurna sehingga rasa manis yang dikandungnya belum maksimal.

Berikut tips cerdas memilih semangka matang yang dilansir dari The Daily Meal:

1. Pilih bentuk buah semangka

Semangka

Ketika Anda memilih semangka, hindari buah semangka yang terlihat penyok atau bentuknya tak sempurna. Anda harus memilih satu buah dengan kulit tak penyok atau rusak.

2. Angkat buahnya

Semangka

Semangka yang matang akan terasa lebih berat dari semangka yang belum matang. Semangka yang lebih berat ini merupakan indikator bahwa buah mengandung air lebih banyak (tidak kering dan tak ada rasa). Bandingkan semangka satu dengan yang lainnya pilihlah yang lebih berat.

3. Pilihlah yang terdapat sisi kuning

Semangka

Sisi kuning pada satu sisi permukaan kulit semangka menunjukkan semangka sebagai titik tanah saat tumbuh dan tingkat kematangan. Semakin kuning sisi itu berarti menandakan kematangan buah. Hindari semangka yang berwarna pucat atau putih, karena menunjukkan semangka ini dipanen belum pada pada masanya atau tidak matang.

4. Ketuk Sisi Buah

Semangka

Teknik mengetuk sisi semangka merupakan cara paling populer yang diketahui banyak orang. Ketuk semangka dengan jari dan dengarkan bunyinya. Suara yang terpendam menandakan bahwa buahnya belum matang. Sedangkan suara yang nyaring dan ringan menandakan buahnya sudah matang.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini