Lawan Corona, Korea Yakin Indonesia Sehat dengan Gotong Royong

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 31 Mei 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 481 2222187 lawan-corona-korea-yakin-indonesia-sehat-dengan-gotong-royong-b8MS7G8D9w.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

KOREA menjadi salah satu negara yang peduli dengan Indonesia dalam melawan pandemi corona. Donasi untuk para tenaga medis terus mengalir, termasuk mengirimkan Alat Pelindung Diri (APD) juga hygiene pack.

Beberapa waktu lalu, Direktur Fakultas Pascasarjana Kedokteran Universitas Nasional Gangwon Cho Sung-joon mengatakan, Indonesia mampu melewati masa-masa sulit menghadapi wabah Covid-19. Korea pun pernah mengalami hal sama. Namun dengan bahu-membahu, segala kendala dalam penanganan wabah corona dapat teratasi dengan baik.

apd

"Kami percaya bahwa masa-masa sulit akan berlalu di Indonesia seperti Korea. Mari kita atasi krisis bersama melalui lebih banyak kerja sama dan gotong royong," kata Cho Sung-joon lewat keterangan resminya.

Pada awal Mei 2020, Fakultas Pascasarjana Kedokteran Universitas Nasional Gangwon dan Rumah Sakit Universitas Nasional Gangwon, menyerahkan APD untuk 150 tenaga medis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Seperti hazmat, kacamata keamanan, dan perlindungan wajah.

Kemudian Korea juga membagikan 1 ton cairan antibakteri dan antivirus atau disinfektan semprot. Berdasarkan uji klinis, disinfectan spray diklaim mengatasi virus corona dengan mengembangkan agen antibakteri anorganik. Dalam pengujiannya, disinfektan semprot mampu membasmi lebih dari 99,9% virus corona untuk pertama kalinya di Korea.

CEO GP&E Co Jo il-hoon mengatakan, kerja sama seperti ini sangat baik dilakukan. Karena setiap negara butuh saling membantu untuk melawan virus corona.

"Kerja sama antara kedua negara untuk mengatasi COVID-19 akan membawa masa depan yang lebih baik," ucapnya.

pcr

Nah, baru-baru ini, Korea lewat Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA) dan Shinhan Financial Group, menyumbangkan 5.000 alat

uji PCR sebagai upaya pencegahan COVID-19 kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Harapannya donasi alat uji PCR ini, memudahkan pemerintah dalam mengendalikan pandemi corona.

Dituturkan General Director KOTRA Jongyoon Lee, banyak negara, termasuk Indonesia dan Korea menghadapi masa-masa sulit di tengah pandemi corona. Namun semua harus bangkit dan memulai hidup baru, berdampingan dengan Covid-19.

pcr

"(Saat sama-sama membantu) akan lebih fokus pada hubungan Korea-Indonesia untuk mengatasi kesulitan dan berkembang bersama," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini