Wisata Gunung Bromo dan Ijen Siap Dibuka saat New Normal

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 01 Juni 2020 19:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 01 406 2222885 wisata-gunung-bromo-dan-ijen-siap-dibuka-saat-new-normal-ekFB8Lyqv4.jpg Bromo. (Foto: Malangtoday)

SEJUMLAH tempat wisata di Indonesia bersiap menghadai new normal. Salah satunya pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur pun memastikan objek wisata di Malang akan dibuka kembali, saat memasuki masa transisi menuju new normal.

Panglima V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah mengatakan, berdasarkan instruksi dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, tempat-tempat wisata akan dibuka bertahap. Tentunya dengan memberlakukan protokol kesehatan.

gng

"Protokol kesehatan tetap diberlakukan di tempat-tempat wisata, di Batu, Malang raya, ini punya wilayah Gunung Bromo juga, termasuk di Gunung Ijen Banyuwangi," ujar Widodo Iryansyah, Senin (1/6/2020).

Selama pembukaan tempat wisata ini nantinya akan dijaga oleh personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan (Dishub), hingga petugas BPBD. Penyiagaan personel ini guna menyeleksi sejumlah pengunjung yang akan masuk ke lokasi wisata.

"Petunjuk dari Panglima TNI, akan melaksanakan operasi pendisiplinan kepada masyarakat pelaksanaan protokol kesehatan kodam Brawijaya. Supaya masyarakat aman dari Covid-19," tutur pria yang menjabat Kogasgabpad (Komando Tugas Gabungan Terpadu).

pantai

Pihaknya telah menginventaris setidaknya ada 63 titik tempat rekreasi di Malang raya yang akan dilakukan percontohan pembukaan selama era new normal di tengah pandemi corona.

"Tempat rekreasi ada 63 titik, taman kota ada tiga titik. Kita lihat sehari-hari banyak pengunjungnya, sehingga perlu dilakukan pengawasan," bebernya.

Sementara itu Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) Malang Raya Kolonel Inf Zainuddin telah mengatur kekuatan personel TNI yang akan ditempatkan di titik - titik keramaian, termasuk tempat wisata dan pusat perbelanjaan.

"Paling banyak di tempat wisata itu. Itu fleksibel, ada yang statis dan mobile (bergerak). Nanti skema akan akan kita tinjau, di tempat wisata karena masing-masing objek berbeda. Tergantung keunikan objek itu, nanti akan kita lihat objeknya," jelas pria yang juga Komandan Korem (Danrem) 083/Bdj ini.

Sebagai informasi pasca berakhirnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Malang Raya pada Sabtu 30 Mei 2020. Sementara pada Minggu 31 Mei 2020, Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu mulai memasuki masa transisi menuju new normal. Masa transisi nantinya akan diberlakukan selama tujuh hari dan dievaluasi secara berlanjut.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini