Jubir Covid-19 Beberkan 3 Kebiasaan Wajib di New Normal

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 01 Juni 2020 17:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 01 612 2222896 jubir-covid-19-beberkan-3-kebiasaan-wajib-di-new-normal-GbjTOdW78c.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MASYARAKAT Indonesia akan menjalani New Normal dalam kehidupannya sehari-hari. Tentunya banyak aturan baru sebagai protokol kesehatan yang wajib dilakukan masyarakat agar terhindar dari virus corona Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan ada beberapa cara yang harus diperhatikan untuk mencegah penularan penyakit. Beberapa di antaranya adalah social distancing (Jaga Jarak), menggunakan masker dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kita pahami bahwa droplet ini akan tersebar dari orang yang sakit, atau orang yang membawa virus tanpa gejala (OTG) pada radius sekitar 1 meter. Oleh sebab itu ada baiknya mengubah kebiasaan kita saat berinteraksi dengan orang lain dengan menjaga jarak,” terang Yuri, dalam siaran langsung di Graha BNPB, Senin (1/6/2020)

Sementara yang kedua adalah membiasakan diri untuk menggunakan masker. Yuri mengatakan terdapat dua hal yang bisa dimaknai dan memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Apabila seseorang sakit, atau seseorang yang membawa virus ini tanpa sakit atau orang tanpa gejala. Kalau dia menggunakan masker maka dropletnya akan tertahan di maskernya dan tidak menyebar kemana-mana. Orang yang sehat maka dia juga akan terlindung dari kemungkinan sebaran droplet orang lain yang sakit,” lanjutnya.

Semuanya masyarakat harus melakukan tindakan ini karena, tidak ada yang pernah tahu seseorang tanpa keluhan sama sekali padahal di dalam tubuhnya mengandung virus. Kebiasaan lain tang tak kalah penting adalah rajin mencuci tangan. Mencuci tangan idealnya dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

“Pasalnya anatomi virus ini lapisan dindingnya terbuat dari struktur lemak yang akan mudah hancur manakala terkena deterjen dan semua sabun mengandung deterjen. Oleh karena itu mencuci tangan dengan menggunakan sabun adalah cara yang terbaik,” tuntasnya.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini