Pakar Kesehatan Sarankan Pendidikan Berbasis Praktik Laboratorium Dibuka saat New Normal

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 09:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 196 2223075 pakar-kesehatan-sarankan-pendidikan-berbasis-praktik-laboratorium-dibuka-saat-new-normal-REdnWvcUYo.jpg Ilustrasi. (Freepik)

DINAS Pendidikan DKI Jakarta mengumumkan, 13 Juli 2020 sekolah akan dibuka kembali, bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021. Informasi ini disampaikan melalui Youtube Pemprov DKI, Kamis (15/5/2020).

Dalam keterangannya, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana menjelaskan, sekolah dibuka dengan mempertimbangkan penerapan pemabatasan berskala besar (PSBB).

sekolah

"Hari pertama sekolah dengan mempertimbangkan kebijakan, baik pemerintah pusat maupun daerah, yang kita siapkan 13 Juli," terang Nahdiana.

Namun, pernyataan tersebut kemudian direvisi dengan sikap, yaitu sekolah akan dibuka kembali jika kondisi pandemi Covid-19 sudah membaik. Salah satunya yakni dilihat dari angka penambahan kasus, yang tidak naik lagi.

Di sisi lain, Pakar Kesehatan dr Ari Fahrial Syam, SpPD, menjelaskan, tidak semua pendidikan bisa dikerjakan di rumah saja. Misalnya, saja pendidikan yang berbasis laboratorium, pendidikan ini mesti praktik langsung dan tidak bisa dilakukan lewat daring.

"Pendidikan yang berhubungan dengan laboratorium harus membuka pendidikan," terang dr Ari dalam video Youtube, Senin (1/6/2020).

lab

Namun melihat situasi pandemi Covid-19 yang masih belum stabil atau terkontrol, maka pihak sekolah juga mesti memikirkan jumlah peserta didik dalam satu kelasnya. Pembatasan ini bisa dilakukan dengan membagi kelas.

"Jadi, kelas dipecah, ada kelas pagi, ada kelas sore. Intinya, harus terjadi physical distancing yang ketat di wilayah sekolah," tegas dr Ari.

Ia menyadari, meski kondisi ini sangat tidak nyaman buat peserta didik, karena itu dibutuhkan peran orangtua untuk membimbing putra-putrinya, agar bisa menyelesaikan pendidikan sebaik-baiknya di era new normal.

"Peran orangtua menjelaskan bagaimana si anak menjalankan protokol kesehatan di sekolah sangatlah penting. Sangat diperlukan peran orangtua di sini," pungkas dr Ari.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini