Restoran Indonesia di AS Jadi Korban Penjarahan, Rugi hingga Rp29 juta

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 298 2223457 restoran-indonesia-di-as-jadi-korban-penjarahan-rugi-hingga-rp29-juta-GIHxWhyCdl.JPG Ilustrasi (Foto : Balikitchennyc)

Dua restoran milik diaspora atau warga negara Indonesia di Amerika Serikat menjadi target kerusuhan para demonstran yang menuntut keadilan atas kematian George Floyd. Salah satu di antaranya adalah restoran berkonsep Nusantara bernama Bali Kitchen yang berlokasi di Kota New York.

Menurut pengakuan pemilik restoran Jazz Pasay, sejak kasus kematian George Floyd merebak, restorannya itu sudah dua kali dirusak pendemo.

"Sudah dua kali dirusak pendemo. Ini adalah yang kedua kalinya ya. Minggu lalu juga, kita sudah ganti dengan kaca baru. Tapi kali ini karena akan terjadi lagi, menurut rekomendasi pihak berwenang lebih baik pakai papan saja dulu, katanya lebih aman untuk sementara," kata Jazz Pasay seperti dikutip dari hasil laporan VOA Indonesia di kanal YouTube resmi mereka, Selasa (2/05/2020).

Restoran di AS

Lebih lanjut Jazz menjelaskan, pada kejadian pertama, para pendemo bahkan dilaporkan sempat menjarah sejumlah uang dan barang yang ada di restoran miliknya.

Buntut dari kejadian tersebut, Jazz pun mengaku mengalami kerugian hingga $2.000 atau setara dengan Rp29 juta. Sementara untuk memperbaiki kaca restorannya yang rusak, dia harus mengeluarkan dana lebih dari Rp10 juta.

"Uang yang ada di kasir itu kalau dihitung-hitung ya kerugiannya lebih dari 1000 dollar atau sekira Rp14,5 juta. Dan untuk ganti kaca saja kita sudah habis 400 dollar (Rp5,8 juta), ditambah menggunakan jasa tenaga ahli 100 dollar (Rp1,4 juta ) per jam. Jadi ya kerugiannya sekitar 1.000 - 2000 dollar," terang Jazz.

Kendati demikian, Jazz tetap yakin bahwa dirinya dapat bangkit dari cobaan ini.

"Kita sebagai manusia harus tetap positif, walau apapun yang terjadi silakan jatuh tap8 bukan berarti jatuh terus menarngis menggerung-gerungc berlama-lama. Lebih baik jatuh dan kita bangun lagi," tandasnya

Hasil penelusuran Okezone dari situs resmi Bali Kitchen, restoran ini memang menyuguhkan berbagai jenis kuliner khas Indonesia. Ada banyak menu yang dapat dipesan pengunjung di Bali Kitchen.

Untuk menu pembuka tersedia perkedel, sate lilit, siomay, gado-gado, lawar, lalap pengantin, dan masih banyak lagi. Kemudian tersedia pula olahan mie goreng dan soun goreng.

Bali Kitchen

Sedangkan untuk menu utama, pengunjung dapat memesan rendang, ayam betutu, nasi goreng kampung, dan ikan dabu-dabu. Makanan penutupnya juga tidak kalah menarik.

Bali Kitchen menawarkan sajian kue lapis legit hingga pudding klappertart. Ada juga es cendol, es teh manis, es rambutan untuk minumannya.

Bali Kitchen berlokasi di Kota New York, tepatnya di kawasan East Village. Restoran ini buka setiap Selasa - Sabtu mulai pukul 11.00 - 19.00 waktu setempat.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini