7 Tips Aman Jalan-Jalan di Mal kala Masuki New Normal Corona

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 11:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 406 2223160 7-tips-aman-jalan-jalan-di-mal-kala-masuki-new-normal-corona-3K8NBOCFz0.jpg Ilustrasi. (Okezone)

PANDEMI Covid-19 mengubah pola hidup masyarakat. Tak dipungkiri, Anda pun menjadi lebih peduli dan menjaga kesehatan diri.

Sudah kurang lebih empat bulan masyarakat Indonesia hidup berdampingan dengan pandemi corona. Setelah sempat memperlambat dan bahkan menghentikan beberapa sektor publik, pemerintah kini tengah mempersiapkan skenario tata kehidupan masyarakat yang baru di era new normal.

Termasuk di dalamnya mengatur tentang aktivitas masyarakat umum saat pergi ke mal atau pusat perbelanjaan. Jika suatu hari kita terpaksa harus pergi mal, lalu apa yang harus dilakukan agar tetap aman?

Mengutip tips yang dirilis resmi oleh Kementerian Koperasi dan Unit Kecil Menengah melalui akun Twitter resminya, @KemenkopUKM, Selasa (2/6/2020) berikut paparan singkat tujuh 7 tips aman jalan-jalan di mal di era new normal.

Wajib masker

masker

Setiap orang, setiap pengunjung tidak terkecuali siapapun yang datang ke mal wajib menggunakan masker sebagai salah satu alat pelindung diri.

Suhu tubuh

Setiap pengunjung di mal, ketika sampai di lobi depan, pintu masuk mal akan langsung diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas dengan menggunakan thermo gun.

Kebersihan tangan

cuci tangan

Para pengunjung mal harus memastikan kedua tangannya selalu steril. Salah satunya dengan menggunakan hand sanitizer saat masuk di pintu depan mal.

Tidak berdesakan

Jaga alur masuk dan keluar, hindari berdesakan dengan orang lain.

Jaga jarak

jaga jarrak

Setiap pengunjung mal wajib untuk selalu menjaga jarak dalam situasi apapun. Baik itu saat berkeliling toko melihat-lihat barang ataupun saat berada di dalam lift dengan pengunjung lain.

Minimalisasir transaksi tunai

transaksi

Sebisa mungkin hindari kontak fisik dengan para pegawai mal, termasuk kasir saat melakukan transaksi. Maka dari itu agar aman, sebaiknya ketika berbelanja di mal Anda sudah menyiapkan alat pembayaran digital. Sehingga pembayaran hanya tinggal memindai kode barcode dari ponsel.

Disiplin

Tips terakhir, setiap orang diimbau untuk disiplin melakukan protokol pencegaha virus corona. Contohnya perilaku hidup sehat dengan rajin mencuci tangan pakai air dan sabun selama minimal 20 detik.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini