Feby Febiola Operasi Kista Ovarium, Kenali Gejala Penyakitnya

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 481 2223368 feby-febiola-operasi-kista-ovarium-kenali-gejala-penyakitnya-gGF1tsgQy8.jpg Feby Febiola (Foto : @febyfebiola_/Instagram)

Artis Feby Febiola baru-baru ini menjalani operasi kista ovarium di sebuah rumah sakit di Bali. Kondisinya mulai membaik setelah menjalani operasi, namun kini perlu bed rest.

"Minggu lalu masih sehat..tiba tiba harus operasi dan sekarang harus bed rest..disyukuri aja..dalam setiap perjalanan hidup Tuhan Yesus baik..Jangan biarkan pikiran negatif menguasai hatimu karena hati yg gembira adalah obat..Biasanya cuma bisa nyanyi aja, sekarang ngalamin betul harus betul2 berserah sama Tuhan..dan aku cuma mau teriak dalam hati Tuhan Yesus baik, sekarang sampai selama lamanya..," tulis Feby Febiola dalam unggahan di akun Instagramnya.

Feby Febiola

Kista ovarium merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada perempuan. Untuk itu, penting bagi setiap perempuan mengenal kista ovarium untuk melakukan tindakan pencegahan.

Apa itu kista ovarium?

Setiap perempuan memiliki dua ovarium yang setiap bulannya akan melepaskan sel telur secara bergantian. Terkadang kista (kantung kecil berisi cairan) bisa berkembang di salah satu ovarium. Mungkin Anda pernah mengalaminya tanpa Anda ketahui. Banyak perempuan memiliki kista setidaknya satu kali selama hidupnya. Namun, umumnya ini tidak menyakitkan dan tidak berbahaya. Bahkan, kista ovarium ini bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan.

Namun, yang perlu diwaspadai adalah ketika kista ini tidak hilang, malah makin membesar, dan pecah. Kista jenis inilah yang biasanya dapat menimbulkan gejala kista ovarium dan membuat Anda tidak nyaman. Ada dua jenis kista ovarium yang perlu Anda ketahui seperti dikutip dari Healthline, yaitu :

- Kista ovarium fungsional. Kista yang berkembang karena bagian dari siklus menstruasi. Jenis kista ini tidak berbahaya dan mudah untuk hilang dengan sendirinya. Ini merupakan jenis kista yang paling umum.

- Kista ovarium patologis. Kista ini berkembang karena pertumbuhan sel yang tidak normal. Biasanya kista ini menimbulkan gejala dan perlu perawatan khusus untuk menanganinya. Kista jenis ini bisa jinak atau ganas (kanker).

Gejala kista ovarium

Pada umumnya kista ovarium yang kecil tidak menyebabkan gejala apapun dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, kista ovarium yang besar, pecah, tak kunjung hilang dapat menyebabkan Anda merasa tidak nyaman dan menimbulkan beberapa gejala, seperti dikutip dari Medicalnewstoday:

Menstruasi

- Menstruasi tidak teratur, bahkan bisa menyakitkan, lebih berat, atau lebih ringan dari biasanya

- Nyeri panggul sebelum dan sesudah menstruasi

- Nyeri perut bagian bawah (nyeri panggul), yang bisa datang dan pergi, serta bisa menyebar ke daerah punggung bawah dan paha

- Sakit dan merasa tidak nyaman di bagian bawah perut saat berhubungan seksual (dispareunia)

- Perut terasa tertekan

- Merasa kembung atau bengkak pada perut

- Kesulitan buang air besar atau sakit saat buang air besar

- Lebih sering buang air kecil karena tekanan pada kandung kemih atau Anda mengalami kesulitan untuk mengosongkan kandung kemih

- Merasa sangat kenyang setelah makan hanya sedikit

- Mual, muntah, atau nyeri pada payudara, seperti yang dirasakan saat hamil

Kapan harus ke dokter?

Bila mengalami gejala kista ovarium seperti di atas, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Namun, terkadang kista ovarium juga membutuhkan perhatian darurat, artinya Anda harus segera ke dokter pada saat ini. Pergilah segera ke dokter jika mengalami gejala berikut ini:

- Sakit perut yang parah secara tiba-tiba

- Nyeri disertai demam dan muntah

- Pusing, merasa lemas dan ingin pingsan

- Napas lebih cepat

Gejala tersebut mungkin menunjukkan bahwa kista di ovarium Anda telah menyebabkan perubahan pada ovarium, sehingga, harus segera mendapat penanganan dokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini