Selain Faktor Genetik, Ini Penyebab Orang Punya Tubuh Pendek

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 16:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 481 2223401 selain-faktor-genetik-ini-penyebab-orang-punya-tubuh-pendek-xAH1LUuvpF.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Tinggi badan setiap orang, berbeda-beda satu sama lainnya. Ada orang yang memiliki tinggi di atas rata-rata, namun ada pula yang di bawah rata-rata orang normal. Lantas apa faktor yang memengaruhi hal tersebut?

Banyak orang awam menyalahkan faktor genetik sebagai biang keladinya. Orang beranggapan kalau memiliki orangtua pendek, maka anaknya juga tidak akan bisa tinggi. Sayangnya faktor genetik bukanlah hal yang paling menentukan.

Guru Besar Ilmu Gizi IPB sekaligus Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Hardiansyah mengatakan faktor pola makan dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap tinggi seseorang. Kedua faktor ini justru lebih berpengaruh ketimbang masalah genetik dari orangtua.

“Pengaruh genetik itu sekira 10-20 persen. faktor makanan dan lingkungan lebih dominan dan dalam jangka Panjang dapat memengaruhi genetik,” terang Prof. Hardin dalam Zoom Meeting ‘Perayaan World Milk Day & Hari Susu Nusantara 2020 bersama Frisian Flag Indonesia, Selasa (2/6/2020).

Tinggi Badan

Prof. Hardin memberikan contoh dengan tinggi badan yang dimiliki orang Jepang waktu menjajah Indonesia. Kala itu tinggi badan anak muda Jepang hanya sekira 158 cm. Namun seiring berjalannya waktu kini tinggi badan anak muda pria Jepang bisa mencapai 172 cm.

Banyak orang awam mengatakan minum susu menjadi salah satu cara untuk meninggikan badan. Meski demikian Prof. Hardin menjelaskan bahwa susu bukan satu-satunya sumber makanan penuh gizi. Mengonsumsi makanan lain dengan seimbang menjadi kunci utama untuk mendapatkan bentuk tubuh sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Susu bukan satu satunya pangan sumber zat gizi, Tetapi susu dapat melengkapi pemenuhan gizi yang berkualitas dalam mewujudkan gizi seimbang,” tuntasnya.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini