Cara Mengatasi Alergi Minum Susu

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 481 2223419 cara-mengatasi-alergi-minum-susu-uGJAugi2ZH.jpg Ilustrasi (Foto : Boldsky)

Susu masuk dalam salah satu minuman yang memiliki nilai gizi seimbang dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Meski demikian, ada beberapa orang yang justru tidak bisa mengonsumsi susu lantaran memiliki kondisi yang disebut intoleransi laktosa.

Sebagaimana diketahui intoleransi laktosa adalah suatu kondisi tubuh tidak mampu mencerna sepenuhnya gula (laktosa) yang ada dalam susu. Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan enzim yang disebut dengan laktase.

Guru Besar Ilmu Gizi IPB sekaligus Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Hardiansyah mengatakan kondisi intoleransi laktosa ini sebenarnya bisa diobati dengan melatih tubuh secara bertahap. Caranya dengan mengonsumsi susu dengan jumlah yang sedikit dan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Alergi Minum Susu

”Bisa secara bertahap disembuhkan sedikit-sedikit dulu (minum susu) sampai tubuh bisa mentoleransi. Bisa juga menggunakan susu fermentasi seperti yoghurt. Kalau di Bukittinggi ada yang namanya dadih naman,” terang Prof. Hardin, dalam Live Streaming Frisian Flag, Selasa (2/6/2020).

Selain melatih diri untuk dapat mentoleransi laktosa yang ada dalam susu, masyarakat juga diharapkan bisa cerdik dalam memilih produk sesuai dengan kondisi tubuh. Cobalah beberapa produk susu yang memang bisa diterima dengan baik oleh tubuh.

“Pilih-pilih susu itu perlu, tergantung kondisi tubuh kita serta tujuan atau hasil yang diharapkan. Namun, secara umum susu segar yang disterilisasi. Misalnya untuk susu ibu hamil diracik lagi komposisi zat gizinya dengan menambahkan kandungan zat besi, vitamin dan asam folat,” tuntasnya.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini