Muntah Darah, Ciri Khas Gejala Ebola yang Menyerang Kongo

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2020 03:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 481 2223565 muntah-darah-ciri-khas-gejala-ebola-yang-menyerang-kongo-OGmHJdGZls.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PENYAKIT ebola mewabah di Kongo, Afrika, saat masyarakat berjuang melawan corona. Anda harus tahu gejala yang mucul saat terserang ebola.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan adanya wabah ebola di Kongo, tepatnya terjadi di Wangata, Mbandaka, Equateur. Terdapat enam kasus, yang membuat empat orang meninggal dunia dan dua masih bertahan hidup.

ebola

Dilansir Okezone dari situs resmi Kementerian Kesehatan, penyakit yang pertama kali menjadi outbreak di Yambuku, Afrika pada 1976 lalu, disebabkan karena virus ebola, yang merupakan anggota keluarga filovirus. Lebih tepatnya terdapat lima macam genus virus ebola penyebab penyakit ini, yaitu Bundibugyo ebolavirus (BDBV), Reston Ebolavirus, Sudan ebolavirus (SUDV), Zaire ebolavirus, dan Tai Forest virus (TAFV) yang dulu dikenal dengan Ivory Coast Ebolavirus (CIEBOV).

Nah, gejalanya adalah seseorang menderita demam, dibarengi dengan sakit kepala, nyeri sendi dan otot, lemah, diare, muntah, sakit perut, kurang nafsu makan, dan perdarahan yang tidak biasa.

Pada beberapa kasus, pendarahan dalam dan luar dapat saja terjadi. Biasanya muncul 5 sampai 7 hari setelah gejala pertama terjadi. Pendarahan dari selaput mulut, hidung dan tenggorokan serta dari bekas lubang suntikan terjadi pada 40-50 persen kasus.

Pada akhirnya penderita ebola juga akan terserang infeksi akibat sulitnya pembekuan darah.

Ciri khas dari gejala ebola ada muntah darah, batuk darah dan buang air besar berdarah. Masa inkubasi penyakit ini antara 2-21 hari.

Tentunya penyakit ini juga ganas, namun tingkat transmisi penularannya lebih gawat virus corona. Pencegahan akan tertular virus ebola juga penting dilakukan. Tidak lain adalah rajin cuci tangan pakai sabun, menjauhi orang yang sakit, hingga tidak makan binatang liar yang dapat menularkan virus ebola.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini