Dukung George Floyd, Penggemar K-Pop Banjiri Aplikasi Kepolisian Dallas dengan Fancam

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 17:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 612 2223380 dukung-george-floyd-penggemar-k-pop-banjiri-aplikasi-kepolisian-dallas-dengan-fancam-bmNMNMW132.jpg Demonstrasi atas kematian George Flyod (Foto : Dallas Observer)

Para penggemar K-pop turut menyuarakan dukungan mereka atas kematian George Floyd, warga kulit hitam yang tewas di tangan aparat kepolisian Minneapolis, Amerika Serikat. Dukungan yang mereka tunjukkan pun terbilang unik.

Pada Minggu 30 Mei 2020 lalu, Dallas Police Department meminta warga lokal untuk mengirimkan video berisikan aktivitas ilegal yang dilakukan oleh para peserta demonstran, melalui aplikasi resmi mereka.

Alih-alih mengirimkan video para demonstran, para penggemar K-pop dan stan Twitter justru membanjiri aplikasi Dallas Police Department dengan ratusan video berisikan penampilan idola mereka (fancam).

Beberapa di antara mereka bahkan mengunggah video yang menampilkan kekerasan yang dilakukan oleh polisi terhadap demonstran.

Hanya dalam kurun waktu beberapa jam saja, Dallas Police Department tiba-tiba mengumumkan bahwa aplikasi mereka mengalami gangguan teknis, di akun Twitter resmi mereka.

Para penggemar K-pop juga dilaporkan memberikan rating rendah pada aplikasi tersebut. Tak sedikit pula yang membanjiri kolom ulasan dengan komentar-komentar bernuansa Black Lives Matter dan keadilan untuk George Floyd.

Hasil penelusuran Okezone, hal ini bermula dari unggahan akun Twitter @7soulsmap yang membagikan tangkapan kamera dari cuitan Dallas PD. Dia juga menuliskan serangkaian caption untuk membakar semangat netizen.

"Bila kalian mengunggah fancam di aplikasi mereka. Aku akan mengirimkan 1 dollar, aku berjanji. Unduh aplikasi dan kirim semua fancams kalian. Kirim semua!! Buat tugas mereka menjadi sulit! Buat mereka frustasi! Buat mereka menghapus aplikasi ini," cuit @7soilsmap.

Unggahan tersebut sontak mendapat ribuan retweet serta dibanjiri ribuan komentar netizen dan penggemar K-pop. Kepada BuzzFeed, pemilik akun @7soulsmap yang tak ingin disebutkan identitasnya itu mengaku sangat senang dengan respons yang dia terima.

"Aku rasa banyak orang yang merasakan sentimen yant sama saat melihat para penegak keadilan menggunakan kekerasan kepada pengunjuk rasa. Kepercayaan masyarakat kepada mereka sudah luntur! Black Lives Matter, titik!," ujarnya.

Aksi protes terhadap kebrutalan polisi Amerika Serikat memang tengah menjadi sorotan dunia saat ini. Sebagian besar warga AS bahkan melakukan unjuk rasa di beberapa wilayah seperti Minneapolis, New York, Washington, DC, Los Angeles, Oakland, and Dallas.

Unjuk rasa juga dilakukan secara online oleh sederet selebriti Hollywood, dan netizen dunia, seperti yang dilakukan para penggemar K-Pop. Mereka menuntut keadilan dan meminta agar pemerintah AS segera mengentaskan isu-isu rasisme yang kerap dialami warga berkulit hitam.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini