Donasi untuk Gerakan George Flyod Terlalu Sedikit, Virgil Abloh Dikecam

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 21:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 612 2223536 nominal-donasi-untuk-gerakan-george-flyod-dinilai-terlalu-sedikit-virgil-abloh-dikecam-pNS4VUxGPh.jpg Virgil Abloh (Foto : Complex)

Desainer Virgil Abloh menuai kecaman dari para netizen di media sosial. Founder Off-White sekaligus Artistic Director Louis Vuitton itu dicela lantaran hanya menyumbang $50 atau setara dengan Rp700 ribu untuk membebaskan para demonstran yang tengah memperjuangkan keadilan atas kematian pria berkulit hitam, George Floyd.

Sejak kabar kematian George Floyd viral di media sosial, gelombang protes bertajuk 'Black Lives Matter' (BLM) langsung menyeruak. Seperti diketahui, BLM sendiri merupakan gerakan untuk melawan isu-isu rasisme yang kerap dialami warga berkulit hitam di Amerika Serikat.

Merasa prihatin, Virgil Abloh pun mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan donasi untuk membebaskan para demonstran yang ditahan pihak kepolisian.

Virgil Abloh

Sayangnya, jumlah donasi yang disumbangkan Virgil dinilai sangat sedikit hingga memicu pro dan kontra di media sosial. Sejumlah netizen mengaku terkejut melihat tindakan Virgil, mengingat dia sendiri merupakan desainer berkulit hitam. Kedua orangtuanya juga diketahui berasal dari Ghana, Afrika Barat.

Beberapa di antara mereka bahkan mengkritik bahwa jumlah donasi yang diberikan Virgil Abloh, tidak cukup untuk membeli karya fashionnya yang bernilai fantastis.

"50 dollar? Uang ini bahkan tidak bisa membeli sepasang kaus kaki off-white hasil rancanganmu," ujar seorang netizen.

Seorang netizen juga sempat mengkritisi team kerja Virgil Abloh yang didominasi karyawan berkulit putih, dibandingkan berkulit hitam.

"Semestinya dia mengubah nama brandnya menjadi all-white," ujar akun afkaraha.

Virgil Abloh

Selebihnya, netizen membandingkan gaya hidup mewah Virgil Abloh dengan jumlah uang donasinya.

"Dia mendonasikan 50 dollar (Rp700 ribu) bukan kah itu biaya uang sarapan paginya setiap hari. Aku tidak ingin mempermasalahkannya, tapi yang benar saja. Dia sudah berkolaborasi dengan nama-nama besar di industri fashion," tulis akun @tippitytoptweet.

"Virgil tidak peduli dengan keadilan sosial, dia hanya menginginkan pengakuan dari desainer berkulit putih," tulis akun @oliverposts.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini