Cegah Penularan Corona ke Mata, Perlu Enggak Sih Mendisinfektan Kacamata?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2020 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 03 481 2223671 cegah-penularan-corona-ke-mata-perlu-enggak-sih-mendisinfektan-kacamata-seYcYzFAR0.jpg Ilustrasi. (Freepik)

VIRUS corona disebut bisa menular ke organ mata. Nah, bagi yang menggunakan kacamata, perlu enggak sih membersihkannya dengan disinfektan?

Tak dapat dipungkiri bagian dari kacamata, seperti lensa dan bingkainya berpotensi untuk menularkan virus corona Covid-19 menuju mata. Nantinya juga bisa merembet hidung dan mulut, terlebih kalau Anda memegang dengan kondisi tangan yang belum bersih.

kacamata

Oleh sebab itu, membersihkan kacamata menjadi salah satu hal yang penting untuk menghindari penyakit ini. Sebagaimana diketahui, virus dan bakteri mungkin tanpa sengaja menempel pada bagian kacamata melalui tangan yang tidak bersih.

Virus yang menempel pada kacamata ini, nantinya berpotensi menularkan penyakit kepada manusia.

Melansir dari Overland Optical, Selasa (3/6/2020), penyebaran virus di kacamata bisa dicegah dengan membersihkan dan mendisinfektan semua bagian kacamata secara rutin.

Meski demikian, tidak semua zat bisa digunakan untuk membersihkan kacamata. Beberapa orang awam mungkin menggunakan alkohol untuk membersihkan bagian lensa kacamata, tapi sebenarnya hal ini dilarang untuk dilakukan.

kacamata

Zat alkohol mungkin terlalu keras untuk kacamata, terutama jika memiliki lapisan khusus yang terdapat pada lensa. Selain akohol, produk lain yang harus dihindari adalah amonia, pemutih, atau zat apa pun dengan konsentrasi asam tinggi.

Antara lain seperti jus lemon atau cuka. Cairan yang memiliki konsentrasi asam tinggi dapat merusak lapisan lensa dan beberapa bahan kacamata.

Bagi Anda yang takut kacamatanya rusak, tentu ada cara aman untuk membersihkannya. Cara yang paling mudah dan bisa dilakukan semua orang yakni dengan menggunakan sabun cuci piring dan air hangat.

Anda hanya perlu memijatkan sabun ke setiap lensa, bilas, dan keringkan menggunakan kain mikrofiber. Hindari penggunaan tisu, karena serat dapat dengan mudah menggores lensa. Saat membersihkan lensa, jangan lupa untuk mencuci bantalan hidung dan earpice-nya juga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini