Ingin Dapat Asupan Protein dan Kalsium, Pilih Susu Jenis Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 03 481 2223855 ingin-dapat-asupan-protein-dan-kalsium-pilih-susu-jenis-ini-9yuxDNmrxJ.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Saat ini banyak sekali susu yang dijual bebas di pasaran, baik dalam bentuk bubuk, cair (murni) dan telah melewati ultra prossesed food (susu kemasan). Namun susu jenis apa yang mampu memberikan asupan protein dan kalsium secara optimal?

Sebagaimana diketahui semua susu adalah sumber utama protein dan kalsium alami bagi tubuh. Namun, proses yang dilakukan selama pengolahan dapat menyebabkan kandungan nutrisi yang ada di dalam susu menjadi berkurang.

Tentunya masyarakat ingin memperoleh protein dan kalsium secara maksimal dari susu yang dikonsumsinya. Guru Besar Ilmu Gizi IPB sekaligus Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Hardiansyah mengatakan bahwa kandungan nutrisi dalam susu tidak hilang secara signifikan selama proses pengolahan.

Susu

“Proses pengolahan susu enggak signifikan menurunkan jumlah kalsium dan protein. lebih banyak pengaruh pengolahan pada vitamin yang dikandungnya bila menggunakan suhu tinggi dan lama,” terang Prof Hardin, dalam Zoom Metting Frisian Flag, Selasa 3 Juni 2020.

Oleh sebab itulah perusahaan pengolahan susu kemasan melakukan prosesnya dengan cepat. Hal ini bertujuan untuk menghindari hilangnya kandungan nutrisi penting yang terdapat dalam susu.

“Ini alasan pengolahan secara UHT (Ultra High Temperature) dilakukan dalam sekejap, sehingga tidak banyak vitamin yang hilang. Bila susu dibubukkan maka akan banyak vitamin yang hilang. Karena itu dipulihkan kembali dengan menambahkan vitamin,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini