Astaxanthin Punya Antioksidan 6 Ribu Kali Lebih Besar dari Vitamin C

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 03 481 2223926 astaxanthin-punya-antioksidan-6-ribu-kali-lebih-besar-dari-vitamin-c-sgdxxZo7Rv.jpg Ilustrasi. (Huffingtonpost)

SALAH satu cara yang dapat membuat seseorang mudah melawan virus corona adalah dengan menjaga imunitas tubuh. Ada banyak cara yang dapat membuat Anda melawan corona, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung astaxanthin.

Astaxanthin mengandung tinggi antioksidan yang bisa menjaga seseorang dari berbagai penyakit. Sementara antioksidan fungsinya dapat menangkal radikal bebas, menetralisir racun, juga menangkal stres oksidatif.

suplemen

Dijelaskan Dokter Spesialis Alergi-imunologi, Prof Dr Iris Rengganis, SpPD, KAI, jika tubuh kekurangan antioksidan maka penyakit apapun mudah menyerang. Maka tubuh perlu dibentengi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan.

"Kalau kekurangan antioksidan itu bisa membuat melemahnya kekebalan tubuh. Maka tubuh butuh antioksidan supaya normal," kata dr Iris dalam Diskusi Online ASTHIN, Rabu (3/6/2020).

Disebutkan Dokter Iris, astaxanthin kandungan antioksidannya 6 ribu kali lebih besar dari vitamin C. Bekerjanya juga langsung di dalam sel tubuh manusia.

Astaxanthin umumnya dikandung dalam beberapa makanan yang dikonsumsi seseorang sehari-hari. Misalnya salmon, udang, juga kuning telur.

"Makanan yang mengandung warna merah atau kuning telur astaxanthin-nya tinggi. Keunikannya antioksidannya kuat dan aman dikonsumsi," terangnya.

Sayangnya beberapa makanan yang mengandung astaxanthin dibanderol dengan harga mahal, seperti salmon. Sebagai gantinya adalah suplemen dapat dipilih untuk menjaga imunitas tubuh.

Namun tetap harus memerhatikan dosisnya agar bermanfaat dan tidak terlalu berlebihan. Dokter Iris sendiri menyarankan agar Anda mengonsumsi suplemen astaxanthin sebanyak satu kali sehari, dengan catatan bila tubuh membutuhkan asupan tambahan nutrisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini