Sulit Tidur? Coba Teknik Pernapasan Whoosh dan Ha Ini Deh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2020 22:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 03 612 2224117 sulit-tidur-coba-teknik-pernapasan-whoosh-dan-ha-ini-deh-eAOwyc6OLz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APAKAH kamu memiliki masalah tidur di malam hari? Bisa jadi karena kamu terlalu letih setelah menjalani aktivitas rutin sehari-hari atau masih memiliki banyak pikiran.

Nah, sebenarnya ada cara loh agar Anda bisa bisa cepat tertidur, yakni dengan cara mengubah teknik pernapasan Anda.

Lantas, seperti apa teknik pernapasan yang membuat Anda mudah tertidur? Melansir Mirror, berikut cara mengubah napas agar cepat tertidur nyenyak di malam hari.

Teknik 4-7-8

Teknik yang diajarkan oleh Andrew Weil dari University of Arizona ini digambarkan sebagai obat penenang alami untuk sistem saraf.

Pertama, pastikan ujung lidah berada di punggungan jaringan tepat di atas gigi depan atas, lalu buang napas dengan paksa melalui mulut sambil membuat suara “whoosh”. Kemudian tutup mulut dan tarik napas melalui hidung selama empat hitungan.

Setelah itu, tahan napas selama tujuh hitungan, lalu buang napas melalui mulut (membuat suara "whoosh") selama delapan hitungan. Ulangi siklus ini tapi tidak lebih dari empat kali.

teknik tidur

Teriak 'ha'

Teknik ini dapat meringankan tekanan di kepala yang membuat pusing. Bernapas terlalu dangkal dapat menyebabkan pasokan oksigen yang tidak memadai ke pembuluh darah di otak dan itulah yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Gerakannya, pertama-tama, tarik napas dalam-dalam melalui hidung lalu buang napas dengan kuat melalui mulut, buat bunyi "ha", buka mulut lebar-lebar dan julurkan lidah sejauh mungkin ke arah dagu. Baru setelah itu tarik napas perlahan, kembali ke ekpresi wajah netral. Ulangi empat hingga enam kali.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini