4 Minuman Favorit Orang Indonesia Bisa Bangkitkan Imunitas Tubuh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 04 Juni 2020 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 04 298 2224611 4-minuman-favorit-orang-indonesia-bisa-bangkitkan-imunitas-tubuh-GsWBv6c0jT.jpg Ilustrasi. (NDTV)

KASUS pandemi virus corona Covid-19 yang terus melonjak membuat masyarakat harus fokus dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain rajin berolahraga, mengonsumsi minuman sehat juga efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam berlimpah, salah satunya rempah-rempah, tentu ada banyak pilihan minuman sehat yang bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Merangkum dari berbagai sumber, Okezone akan membahasnya satu per satu.

Jamu

jamu

Indonesia memiliki minuman tradisional terkenal yang disebut jamu. Jamu ini memiliki banyak manfaat saat dikonsumsi. Anda bisa menentukan sendiri jamu apa yang hendak dikonsumsi sesuai dengan apa yang dibutuhkan tubuh. Beberapa jenis jamu yang sering ditemukan adalah beras kencur, kunyit asem, temulawak, cabe puyang, pahitan dan lain sebagainya. Rempah-rempah tersebut diklaim mengandung tinggi antioksidan.

Empon-empon

Disebutkan bahwa empon-empon atau tanaman rimpang yang satu ini ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh. Empon-empon mendadak dicari banyak masyarakat, karena diklaim dapat menangkal virus corona Covid-19. Sama seperti rempah dalam jamu, empon-empon juga tinggi antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Teh jahe

jahe

Teh jahe adalah minuman yang berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan jahe di dalamnya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Jahe juga memiliki sifat anti-kanker yang efektif juga. Jahe mengandung shogaol dan gingerol yang membantu merangsang pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Teh serai

Serai memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang membantu Anda mengatasi pilek, batuk, dan flu. Selain serai mengandung Vitamin C yang memperkuat kekebalan Anda. Rebus beberapa serai bersama dengan beberapa cengkeh, sejumput kunyit dan daun teh.

Ramuan sederhana ini efektif untuk memecah lendir dan penumpukan dahak. Campuran serai, daun tulsi, dan kapulaga yang panas juga merupakan obat Ayurvedic yang umum untuk flu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini