Hari Keju, Kenali dari Mana Asal si Kuning Ini

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 04 Juni 2020 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 04 298 2224701 hari-keju-kenali-dari-mana-asal-si-kuning-ini-8PP9GnJxMZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Eatthis)

PENCINTA keju bisa ikut berbahagia hari ini. Tahu enggak, Okezoners? Setiap 4 Juni diperingati sebagai Hari Keju loh.

Tak sedikit makanan di dunia dihidangkan lezat menggunakan keju. Ada juga beragam jenis keju disajikan dari berbagai belahan dunia.

keju

Banyak sekali hidangan lezat yang menggunakan keju sebagai salah satu bahannya dan kemungkinan besar kamu telah mencoba hidangan yang menggunakan keju. Tahukah kamu kalau tanggal 4 Juni adalah Hari Keju (Cheese Day)? Ya, Hari Keju adalah sebuah hari yang diperingati di Amerika Serikat. Sampai saat ini asal usul Hari Keju masih belum ditemui, namun bisa dikatakan kalau Hari Keju adalah hari yang istimewa untuk salah satu makanan tertua di dunia.

Dilansir dari Greenfields, keju diklaim menjadi salah satu makanan tertua di dunia. Disebutkan bahwa keju pertama kali dibuat sekira 8000 SM (Sebelum Masehi), setelah adanya domestikasi hewan. 

Pada masa itu, keju tersedia di beberapa tempat dan periode sejarah yang berbeda.

Arkeolog menyebutkan bahwa keju ada di Polandia pada 5500 SM, Mesir pada 2000 SM dan China lebih dari 3000 tahun lalu. Nah, sebagian ahli sejarah mengatakan, keju ini dibuat dengan tidak sengaja oleh para gembala sapi.

Saat pertama pembuatan keju, memanfaatkan enzim di perut hewan atau susu. Lalu susu diproses menjadi kental dan terpisah menjadi dadih dan whey.

keju

Nah, seiring berjalannya waktu, pembuatan keju telah berkembang pesat. Hingga saat ini terdapat 1.400 macam keju di dunia dengan proses pembuatan yang beragam

Misalnya saja untuk membuat keju segar biasanya menggunakan susu sapi segar yang dipasteurisasi. Gunanya untuk membunuh bakteri patogen, dengan menggunakan teknologi canggih.

Nah, keju segar juga dibuat dengan tidak menggunakan pewarna maupun perasa tambahan dan bebas dari pengawet. Maka Okezoners juga harus memerhatikan cara menyimpannya, ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini