10 Vitamin yang Kamu Butuhkan, Sumbernya Dari Mana Saja?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 04 Juni 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 04 481 2224387 10-vitamin-yang-kamu-butuhkan-sumbernya-dari-mana-saja-WnoDKeFfdu.jpg Ilustrasi. (Foto: NDTV)

TUBUH manusia membutuhkan asupan vitamin dan mineral setiap hari. Oleh sebab itu, membuat daftar menu harian sangat penting untuk membantu memenuhi asupan nutrisi harian Anda.

Merangkum dari Health Link BC, Kamis (4/6/2020), berikut 10 vitamin alami yang diperlukan tubuh setiap hari, beserta sumbernya. Yuk disimak.

Tiamin (vitamin B1)

daging

Bagian dari enzim yang dibutuhkan untuk metabolisme energi dan sangat penting untuk fungsi saraf. Tiamin dapat ditemukan dalam beberapa makanan seperti daging, biji-bijian, roti dan sereal.

Riboflavin (vitamin B2)

Vitamin B2 dibutuhkan untuk metabolisme energi dan penting untuk penglihatan normal serta kesehatan kulit. Vitamin ini dapat diperoleh dari susu maupun produk turunan susu, sayuran hijau berdaun, roti gandum dan sereal.

Niasin (vitamin B3)

Vitamin ini sangat penting untuk sistem saraf, sistem pencernaan, dan kesehatan kulit. Vitamin ini dapat diperoleh dari aneka jenis daging, unggas, ikan, roti gandum atau sereal, sayuran (terutama jamur, asparagus, dan sayuran hijau), dan selai kacang.

Pyridoxine (vitamin B6)

Bagian dari enzim yang dibutuhkan untuk metabolisme protein. Vitamin B6 dapat membantu membuat sel darah merah. Vitamin ini dapat ditemukan dalam daging, ikan, unggas, sayuran, buah-buahan.

Cobalamin (vitamin B12)

Bagian dari enzim yang dibutuhkan untuk membuat sel-sel baru yang penting untuk fungsi saraf. Bisa diperoleh dari aneka daging, unggas, ikan, makanan laut, telur, susu maupun produk turunan susu. Vitamin B12 tidak ditemukan dalam makanan nabati.

Asam askorbat (vitamin C)

vit c

Antioksidan dibutuhkan untuk metabolisme protein dan penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi dan hanya ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung vitamin C adalah jeruk, sayuran dalam keluarga kubis, blewah, stroberi, paprika, tomat, kentang, selada, pepaya, mangga, dan kiwi.

Vitamin A (Beta karoten)

Dibutuhkan untuk penglihatan, kulit yang sehat dan selaput lendir, pertumbuhan tulang dan gigi, dan kesehatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dari sumber hewani (retinol) bisa diperoleh dari susu, keju, krim, mentega, margarin yang diperkaya, telur, dan hati.

Sedangkan Beta-karoten dari sumber tanaman bisa diperoleh dari sayuran berdaun hijau gelap, buah berwarna oranye gelap seperti aprikot, blewah dan aneka sayuran seperti wortel, labu musim dingin, ubi jalar, labu kuning.

Vitamin D

Dibutuhkan untuk penyerapan kalsium yang di simpan dalam tulang. Terdapat pada kuning telur, hati, ikan berlemak, susu yang diperkaya, dan margarin. Saat terkena sinar matahari, kulit juga mampu membuat vitamin D.

Vitamin E

telur

Berfungsi untuk melindungi dinding sel. Bisa diperoleh dari minyak nabati tak jenuh ganda (kedelai, jagung, biji kapas, safflower), sayuran hijau berdaun, bibit gandum, produk gandum utuh, hati, kuning telur, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Vitamin K

Dibutuhkan untuk pembekuan darah. Bisa diperoleh dari sayuran hijau berdaun seperti kangkung, sawi, bayam, sayuran hijau seperti brokoli, kubis Brussel, dan asparagus. Vitamin K juga diproduksi di dalam saluran usus oleh bakteri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini