Lockdown Bikin Udara Inggris Bersih, Pengidap Asma Tak Lagi Sering Sesak Napas

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 04 Juni 2020 21:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 04 481 2224696 lockdown-bikin-udara-inggris-bersih-pengidap-asma-tak-lagi-sering-sesak-nafas-FIxN9dtOia.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Di balik pandemi Covid-19 yang membuat beberapa negara, termasuk Inggris harus memberlakukan lockdown agar kurva kasus positif bisa melandai. Ada hikmah yang didapat oleh negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth II ini.

Kondisi Inggris yang memberlakukan lockdown, dikatakan membuat udara di Inggris menjadi bersih. Kualitas udara Inggris yang membaik ini, akhirnya memunculkan dampak positif lainnya.

Menurut laporan British Lung Foundation, sekitar dua juta pengidap penyakit pernapasan, seperti asma di Inggris disebutkan mengalami peningkatan kesehatan dengan berkurangnya intensitas gejala yang dialami selama masa lockdown, seperti dikutip Theguardian, Kamis (4/6/2020).

Udara

Survei British Lung Foundation menemukan bahwa lebih dari 50 persen orang dengan kondisi paru-paru mengatakan mereka sadar ada penurunan polusi udara sejak dimulainya lockdown.

Salah satu penderita asma, Paul, dari Liverpool mengatakan biasanya ia sering merasa sulit untuk bernapas. Tapi saat masa lockdown, intensitas dirinya memakai inhaler jadi lebih sedikit. Selain itu ia merasa udara yang dihirup jauh berbeda daripada sebelumnya.

“Kamu benar-benar bisa merasakan perbedaannya sekarang. Aku berjalan keluar dan ‘ditampar’ dengan dengan udara bersih yang seperti utopia dibandingkan sebelumnya,” ujar Paul.

Sedangkan suatu survei yang digelar oleh badan amal, diikuti oleh 14.000 orang dengan penyakit paru-paru mendapati hasil satu dari enam orang telah menunjukkan adanya peningkatan kondisi kesehatan. Di antara anak-anak, angkanya lebih tinggi, dengan satu dari lima orang tua mengatakan kondisi anak mereka jadi lebih ringan. Khususnya penderita asma dengan catatan satu dari empat orang meningkat kondisi kesehatannya.

Polusi

Memang bukan rahasia lagi jika antara polusi udara terkait dengan penyakit paru-paru. Tercatat dari 12 juta orang di Inggris hidup dengan kondisi seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis, sekitar 8 juta telah didiagnosis menderita asma, dan 5,4 juta di antaranya mendapat perawatan karena penyakit asma ini.

Selain itu, menurut data dari Public Health England, kunjungan ke unit gawat darurat ke rumah sakit oleh pengidap asma di Inggris juga dikatakan menurun setengahnya selama masa lockdown. Meski tidak disebutkan jelas banyak penurunan ini memang disebabkan oleh pengurangan gejala atau karena masyarakat enggan ke rumah sakit selama pandemi Covid-19.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini