Peneliti Sebut Udara Benua Antartika Paling Bersih di Seluruh Dunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 04 Juni 2020 19:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 04 612 2224679 peneliti-sebut-udara-benua-antartika-paling-bersih-di-seluruh-dunia-6HeZlouiAt.jpg Udara Benua Antartika terbersih di dunia (Foto : Wionews)

Kabar mengejutkan datang dari benua Antartika. Para peneliti mengatakan bahwa saat ini, udara di kawasan Southern Ocean menyentuh tingkat kebersihan tertinggi, atau dalam arti lain tidak terpapar polusi sama sekali.

Fakta tersebut pertama kali dibeberkan oleh peneliti dari Colorado State University. Mereka mengatakan bahwa saat ini udara di kawasan Southern Ocean diklaim bebas dari partikel apa pun yang dihasilkan oleh manusia atau debu dari benua lain.

Penemuan ini bermula saat para peneliti berinisiatif melakukan pelayaran dari Tasmania menuju benua Antartika. Mereka menempuh jarak sejauh 24 miles atau setara dengan 40 km, untuk melakukan 'bacterial profiling' melalui sampel saringan udara.

Antartika

Hasilnya sangat mengejutkan. Mereka menjelaskan bahwa kondisi udara di kawasan tersebut sangat bersih, bahkan hanya sedikit DNA yang bisa dianalisa.

"Kami menggunakan bakteri yang terdapat di udara di atas Samudra Selatan sebagai alat diagnostik untuk menyimpulkan sifat-sifat kunci dari atmosfer yang lebih rendah," kata Thomas Hill, salah seorang peneliti.

Dia menambahkan bahwa partikel yang mereka analisa sama sekali tidak mengandung atau terkontaminasi bakteri dari luar kawasan.

Penemuan ini sekaligus mematahkan argumentasi sejumlah studi yang menyebut banyak mikroba yang mengontaminasi kawasan benua Antartika.

"Antartika tampaknya terisolasi dari penyebaran mikroorganisme ke selatan dan pengendapan nutrien dari benua selatan," kata Hill.

Antartika

"Secara keseluruhan, ini menunjukkan bahwa Samudra Selatan adalah salah satu dari sedikit tempat di Bumi yang paling sedikit terpengaruh oleh aktivitas antropogenik," tandasnya.

Penelitian ini diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini