3 Cara Membentuk Kepribadian Anak Sejak Usia Dini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 07 Juni 2020 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 05 196 2225327 3-cara-membentuk-kepribadian-anak-sejak-usia-dini-AqeNJVs1a4.jpg Membentuk kepribadian anak (Foto : Parenting)

Pembentukan karakter dan kepribadian pada anak adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh para orangtua. Kepribadiannya mulai berkembang di dalam rahim, bahkan sebelum para orangtua menatapnya.

Kabarnya interaksi dan tindakan orangtua juga memainkan peran penting dalam pembentukan karakter anak. Semakin banyak orangtua tersenyum dan menunjukkan kasih sayang kepada anak, maka semakin besar kemungkinan mereka menjadi responsif dan bahagia.

Merangkum dari Asia One, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam membentuk karakter buah hati.

1. Asah kekuatan sang anak

Anak Main Puzzle

Setiap anak memiliki beberapa hal positif misalnya, penuh kasih, lembut, dan kooperatif. Sementara beberapa hal lain seperti keras kepala dan mudah kesal mungkin tidak Anda sukai. Pujilah anak ketika ia berperilaku dengan cara yang Anda sukai.

(Baca Juga : Imutnya 5 Pose Thalia Putri Onsu, Niru Sarwendah saat Difoto)

Tindakan ini akan mendorongnya untuk berperilaku dengan cara yang sama. Selain itu, cobalah mencari peluang baginya untuk menggunakan sifat negatifnya dengan cara yang positif. Misalnya, keras kepala itu baik ketika seorang anak berusia satu tahun begitu bertekad untuk menyelesaikan mainan puzzle sehingga ia menolak untuk menyerah.

2. Mendorong sifat-sifat baru

Pola Asuh

Jika si kecil menangis setiap kali dia melihat seekor anjing, Anda mungkin tergoda untuk mencegahnya bersentuhan dengan hewan tersebut. Meskipun hal itu bisa mengurangi ketegangan, tindakan ini juga memperkuat perilakunya untuk tidak melakukan apa pun untuk membentuknya.

Di sisi lain, Anda dapat meningkatkan ketahanan buah hati dengan mendorongnya untuk mengenal seekor anjing. Ini secara bertahap akan membuatnya lebih santai.

(Baca Juga : 5 Pose Gemas Kiano Tiger dan Baim Wong sang YouTuber Nomor 1 Indonesia)

3. Hargai individualitas anak

Ingatlah bahwa anak adalah orang yang sangat istimewa, dengan karakter uniknya sendiri. Hal inilah yang akan membentuknya. Tekanan berlebihan untuk mengembangkan sifat-sifat kepribadian tertentu dapat membuatnya merasa tidak aman dan tidak bahagia.

Dia perlu merasa dihargai sebagai individu. Jadi, ambil pendekatan terukur jika Anda mencoba membentuk kepribadian anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini