Pariwisata Yogyakarta Sambut New Normal, SOP Protokol Kesehatan Disiapkan

Jum'at 05 Juni 2020 14:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 05 406 2225034 pariwisata-yogyakarta-sambut-new-normal-sop-protokol-kesehatan-disiapkan-ssIOayU8kb.jpg Ilustrasi. (Pariwisataindonesia)

BEBERAPA kota besar di Indonesia bersiap menyambut wisatawan yang ingin segera berlibur saat new normal telah berlaku. Tak terkecuali Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata yang kerap dincar masyarakat Indonesia. Jika lebih dari tiga bulan lalu mereka menutup kedatangan wisatawan, pemerintah setempat menyiapkan aturan baru bagi wisatawan yang ingin melancong.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo,SH,M.Ed mengatakan, sejumlah persiapan dilakukan dalam menyambut new normal. Ada beberapa kegiatan dilakukan sebelum kebanjiran wisatawan.

diy

Misalnya saja pembersihan destinasi wisata, perbaikan fasilitas destinasi wisata, penambahan fasilitas kebersihan, penyediaan fasilitas cuci tangan, peningkatan kualitas SDM dengan pelatihan online (Marketing, Visitor manajemen, Pemanduan)

"Kami juga tengah menyusun SOP standar protokol kebersihan, kesehatan dan keamanan untuk akomodasi, restoran, transportasi, destinasi dan event. Selain itu, juga soialisasi dan uji coba SOP tersebut,"ujar Singgih, dilansir Okezone dari Sindonews.

Dalam penyiapan SOP di pariwisata meliputi kesiapan dari hotel, restoran, transportasi, pemandu dan destinasi wisata dalam menerima atau melayani wisatawan. Semua berpedoman pada protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

Saat menyusun SOP, Dispar DIY berkolaborasi dan koordinasi dengan GIPI DIY yang menaungi 22 UJP. Sebagai contoh di hotel pada saat wisatawan menginap, prosedur apa saja yang harus diikuti, pengecekan suhu badan, penggunaan masker, penanganan kamar setelah tamu check out. termasuk transportasi, daya tampung mobil menyesuaikan protocol physical distancing, penyediaan handsanitizer dan lainnya.

Selain itu, Dispar DIY juga melakukan penyiapan informasi berupa penyiapan konten video yang berisi serangkaian kegiatan kesiapan di destinasi/desa wisata, bagaimana industri pariwisata mendemonstrasikan keseriusan dalam menyiapkan hygiene dan sanitasi dengan serius.

Langkah konkret Pemda DIY, menurut Singgih, berupa memberikan stimulus pemasangan wastafel di 50 destinasi/desa wisata di DIY dengan pola padat karya masyarakat didestinasi dan desa wisata tersebut, secara prinsip bahwa pada saat ini kami membantu bagaimana destinasi dan pelaku usaha pariwisata untuk dapat menjalankan aktivitas tanpa terganggu dan meyakinkan wisatawan memperoleh jasa dan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan.

jogja

"Berkaitan dengan kapan dibukanya destinasi wisata di DIY tentunya akan memperhatikan kesiapan baik destinasi maupun SDM dan melihat situasi kondisi perkembangan Covid-19 serta setelah mendapat rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di DIY," tuturnya.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini