Bumil Tak Perlu Cemas, Dedek Bayi Tak Kena Corona Meskipun Ibu Positif

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 05 Juni 2020 15:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 05 481 2225094 bumil-tak-perlu-cemas-dedek-bayi-tak-kena-corona-meskipun-ibu-positif-Ka3HpctWkC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 memang membuat banyak kalangan khawatir, bukan hanya karena pandemi Covid-19 memakan banyak korban tapi juga karena pandemi ini membuat banyak orang ekonominya terganggu.

Tapi, salah satu orang yang khawatir lebih besar adalah ibu hamil. Apalagi jika dia memang terdiagnosis memiliki virus corona. Mereka tentu takut jika anaknya akan terinfeksi virus tersebut. Ketakutan bakal terinfeksi COVID-19 dan menularkannya ke bayi merupakan hal yang membuat para ibu stres.

Spesialis Kandungan sekaligus Konsultan Senior di sebuah rumah sakit anak di India, dr. Neha Khandelwal, mengatakan bahwa wanita hamil memang mengalami lebih banyak stres karena mereka membawa kehidupan lain.

Padahal kata dr. Khandelwal, penyakit tersebut tidak akan menjadi parah atau berbahaya untuk si kecil jika Anda mengikuti protokol COVID-19 dan tak perlu panik.

"Kabar baiknya adalah COVID-19 tidak terlalu serius atau berbahaya bagi wanita hamil, kecuali mereka memiliki kondisi lain seperti hipertensi atau gula darah tinggi. Saat ini sebagian besar literatur mendukung bahwa COVID-19 tidak bakal ditularkan dari ibu kepada bayinya," jelas Khandelwal, seperti dikutip SINDOnews dari laman Times Now News.

Baca Juga: Literatur Medis Sebut COVID-19 Tak Ditularkan Ibu ke Bayi

"Tapi, tetap saja bayi yang lahir dari ibu positif COVID-19 akan mendapat perawatan dan diperlakukan sebagai orang yang berpotensi positif COVID-19 juga karena bayi selalu berhubungan dekat dengan ibu. Selain itu, tidak ada kontra indikasi pula untuk kegiatan menyusui," tambahnya.

Tindakan pencegahan yang harus dilakukan oleh ibu hamil, menurut Khandelwal, tidak ada yang istimewa dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Langkah-langkah pencegahan tetap sama, seperti menjaga jarak sosial dan tidak bertemu terlalu banyak orang.

"Saya telah memberi tahu pasien saya bahwa bukan cuma Anda, tetapi orang lain yang tinggal bersama Anda juga hanya boleh bertemu lebih sedikit orang. Ada aturan yang sama untuk populasi hamil," kata Khandelwal.

Khandelwal menambahkan, sistem kekebalan tubuh tidak dapat ditingkatkan dalam semalam dan setidaknya 10-12 hari asupan vitamin C penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini