Ternyata Dulu Donat Camilan Favorit Prajurit Tentara Perang, Intip Juga Resepnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 06 Juni 2020 09:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 06 298 2225404 ternyata-dulu-donat-camilan-favorit-prajurit-tentara-perang-intip-juga-resepnya-uVwBv8naFl.jpg Ilustrasi. (Delish/Pinterest)

DONAT merupakan salah satu camilan paling populer dalam sejarah kuliner dunia. Saking disukainya, beberapa waktu lalu baru saja digelar peringatan Hari Donat Nasional (National Doughnut Day).

Dari peringatan inilah terkuak sebuah fakta menarik tentang kudapan berbentuk bulat tersebut. Mengutip laman Foxnews, donat rupanya menjadi satu dari sejumlah bekal ransum para prajurit di tengah Perang Dunia I.

Disebutkan bahwa peringatan National Doughnut Day sendiri pertama kali diselenggarakan pada tahun 1938. Peringatan ini merupakan bentuk penghormatan bagi para relawan yang tergabung dalam American Expeditionary Forces yang bertugas di Prancis.

sejarah donat

Kala itu, mereka mempertaruhkan nyawa hanya untuk membuat olahan donat segar yang dijadikan bekal ransum untuk para prajurit di medan perang.

"Peringatan ini merupakan tribute atau penghormatan untuk para relawan perang," ujar Lora Vogt, Kurator Edukasi di National WWI Museum dan Memorial, Kansas, AS.

Lebih lanjut Lora menjelaskan, pemilihan donat sebagai bekal ransum ternyata dilatarbelakangi oleh sejumlah alasan.

Pada saat itu bahan makanan memang terbilang langka. Untungnya ada dua relawan yang berhasil membuat resep donat menggunakan bahan-bahan seadanya dengan proses pengolahan yang sangat praktis.

Di sisi lain, donat dipercaya dapat mengobati kerinduan para prajurit kepada keluarga dan rumah mereka. Dengan kata lain, kudapan ini diklaim ampuh menjaga kesehatan mental mereka. Dan pada tahun 1918 lah, resep donat ala prajurit Amerika tersebut pertama kali ditemukan.

“Seperti inilah orang-orang Amerika pertama kali mengenal dan mencintai donat. Bahkan, saat para prajurit pulang dari medan perang, permintaan donat tiba-tiba meningkat drastis," ungkapnya.

Lora menambahkan, meski toko donat belum menjadi tren di Amerika hingga pertengahan abad 20, rasa cinta warga terhadap makanan ini masih sangat kuat.

"Resep donat yang asli tidak semanis donat sekarang. Tidak ada taburan topping, karena kala itu dibuat dalam waktu yang singkat dan bahan-bahan seadannya," kata Lora.

Nah, berikut ini Okezone rangkumkan resep donat klasik yang diambil dari catatan para relawan di Perang Dunia I.

donat

Bahan-bahan:

5 cangkir tepung terigu

2 cangkir gula

5 sdt baking powder

1/4 sdt garam

2 butir telur

1 3/4 cangkir susu murni

1 cangkir lemak babi

Cara membuat:

1. Campur semua bahan (kecuali lemak babi) untuk membuat adonan;

2. Aduk donan hingga bisa dibentuk menyerupai cincin, dan potong hingga memiliki ukuran 1/4 inch;

3. Celupkan cincin ke dalam lemak babi, lalu goreng hingga warnanya berubah kecokelatan (merata);

4. Angkat donat, lalu tiriskan untuk mengurangi lemak yang masih menempel;

5. Terakhir, taburkan bubuk gula untuk memperkaya cita rasanya.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini