Share

Habis Ngopi Jadi Sering Buang Air Kecil, Kenapa Ya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 06 Juni 2020 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 06 481 2225525 habis-ngopi-jadi-sering-buang-air-kecil-kenapa-ya-j5PYWZMfnn.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SAAT rasa kantuk menyerang atau di sela-sela beraktivitas, tak sedikit orang menyeruput kopi. Tapi masalahnya adalah sehabis minum kopi, Anda jadi lebih sering buang air kecil. Kenapa ya?

Seperti yang Anda tahu, kopi mengandung kafein yang langsung berefek pada tubuh. Salah satunya, ya, membuat seseorang yang sering buang air kecil usai minum kopi.

kopi

Dijelaskan Ahli Gizi Prof Dr Ir Hardinsyah dari Institut Pertanian Bogor, kopi mengandung kafein, yang dapat menyebabkan dampak diuretik ringan. Maka tak heran, sehabis minum kopi Anda jadi rajin ke toilet.

"Penelitian sudah menunjukkan kafein dapat menimbulkan dampak diuretik ringan. Makanya kenapa kalau minum kopi setelahnya jadi sering buang air kecil," ujar.

Ditambahkannya, kafein dalam kopi juga dapat menimbulkan efek diuretik berlebihan. Sehingga membuat jumlah urine meningkat dalam waktu sekejap.

Untuk dampak tersebut biasanya muncul saat Anda terlalu sering minum kopi alias dalam jumlah 5 cangkir dalam sehari. Karena takarannya mengandung sekira 250 mg kafein. Bahaya kan?

Nah, meskipun Anda jadi sering buang air kecil, tapi jangan ditahan, ya. Disebutkan para pakar, jika Anda menahan buang air kecil dalam jangka lama dapat berdampak pada gangguan infeksi saluran kemih, nyeri, atau bisa membuat sakit kepala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini