Ingin Cabut Gigi, Bolehkah Dilakukan saat Pandemi?

Senin 08 Juni 2020 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 08 481 2226427 ingin-cabut-gigi-bolehkah-dilakukan-saat-pandemi-61BtJh6A5T.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

AKTIVITAS masyarakat memang melambat bahkan terhenti dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Bahkan, untuk mencegah terjadinya penularan, banyak kegiatan medis, selain pengobatan Covid-19 berhenti.

Salah satu kegiatan medis yang harus berhenti adalah aktivitas mengunjungi dokter gigi. Saat ini, banyak yang memilih menunda kunjungan ke dokter gigi, lantaran takut tertular virus corona.

Lantas, bolehkah mengunjungi dokter gigi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini?

Dokter Gigi Anggi Pratiwi menjelaskan, jika tidak ada keadaan darurat, kita disarankan menunda kunjungan ke dokter gigi. Namun, berbeda halnya dengan mereka yang mengalami keadaan darurat, seperti sakit gigi yang tidak tertahankan sehingga menyebabkan sulit tidur dan beraktivitas. Untuk kasus ini, pasien diperbolehkan berkonsultasi dengan dokter gigi.

"Kalau mengalami gusi bengkak akibat infeksi atau nanah pada gusi, pendarahan yang tidak terkontrol dan trauma pada gigi serta tulang wajah akibat kecelakaan, langsung ke emergency. Jadi itu semua yang sifatnya emergency," jelas drg. Anggi, seperti dikutip dari Sindonews.

Dokter gigi

Baca Juga: Jangan Ragu ke RS Bila Alami Kasus Gigi Ini

"Kalau tidak ada dental emergency, tunda dulu ke dokter gigi," sambungnya.

Di sisi lain, untuk berkonsultasi dengan dokter gigi, drg. Anggi menyarankan masyarakat untuk melakukannya secara online. Begitu juga dengan obat, dikatakan drg. Anggi bahwa obat bisa diresepkan secara online.

"Pada saat kita ingin menambal gigi ada gigi berlubang atau sakit, atau kita ingin mencabut, kita lihat dulu. Kalau tidak jadi, sekarang bisa menanyakan solusinya secara online. Bagaimana kalau memang membutuhkan obat? Kita bisa memberikan resep juga secara online," kata drg. Anggi.

Saat ini Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menganjurkan masyarakat untuk menunda sejumlah tindakan seperti scalling. Pasalnya, prosedur ini banyak mengeluarkan aerosol dan droplet. "Aerosol di udara lumayan lama bertahan," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini