Sigi Wimala Latihan Sepeda Statis, Berapa Kalori yang Bisa Dibakar?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 481 2227152 sigi-wimala-latihan-sepeda-statis-berapa-kalori-yang-bisa-dibakar-fV4OQOBTes.jpg Sigi Wimala latihan sepeda statis (Foto : @sigiwimala/Instagram)

Sigi Wimala memang diketahui gemar berolahraga. Hal ini dibuktikan dengan seringnya ia membagikan aktivitas olahraganya di media sosial.

Salah satu olahraga yang digemari model berusia 36 tahun ini adalah bersepeda. Baik sepeda kayuh, maupun sepeda statis.

Namun sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Sigi memilih untuk mengayuh sepeda statis. Karena mengayuh sepeda statis bisa dilakukan di dalam ruangan serta tidak membutuhkan banyak tempat.

Sigi

Berbicara mengenai sepeda statis, berapa kalori yang bisa terbakar? Apakah perhitungannya sama dengan sepeda kayuh?

(Baca Juga :Dokter Reisa Broto Asmoro Diperkenalkan Jadi Jubir Covid-19, Begini Respon Warganet)

Melansir Healthline pada Selasa (9/6/2020), pembakaran kalori yang terjadi kemungkinan agak sedikit berbeda ketika Anda menggunakan sepeda stasioner dalam ruangan dan bersepeda di luar.

Menurut Universitas Harvard, jumlah kalori yang terbakar dengan mengendarai sepeda stasioner dengan kecepatan "sedang" bervariasi berdasarkan pada berat seseorang.

Untuk sepeda statis, kecepatan moderat sekitar 12 hingga 13,9 mil per jam. Untuk jangka waktu 30 menit, jika berat badan orang tersebut sekira 56 kg, maka bisa membakar 210 kalori. Sedangkan, jika berat tubuhnya sekira 68 kg, maka bisa membakar 260 kalori.

Sedangkan sepeda kayuh, seseorang dapat membakar sedikit lebih banyak kalori saat bersepeda di luar. Dalam rentang waktu 30 menit, jika berat badan seseorang adalah 56 kg, maka bisa membakar 240 kalori. Untuk berat badan 68 kg, dia bisa membakar 298 kalori, dan 83 kg, maka bisa membakar 355 kalori.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini