Tips Aman Bersepeda di Masa Transisi New Normal Terhindar dari Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 481 2227176 tips-aman-bersepeda-di-masa-transisi-new-normal-terhindar-dari-covid-19-izKzVOFYVC.jpg Ilustrasi (Foto : LA Times)

Bersepeda menjadi salah satu kendaraan alternatif untuk pergi ke tempat kerja selama masa transisi menuju new normal. Anda bisa menghindari kerumunan dalam kendaraan umum seperti bus, KRL dan MRT dan memastikan diri lebih aman dari paparan virus corona Covid-19.

Selain bisa membawa seseorang untuk sampai di tempat tujuan, bersepeda juga efektif untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental seseorang selama pandemi. Meski demikian, Anda juga wajib untuk memenuhi protokol kesehatan yang berlaku untuk menjaga keselamatan Anda dalam bersepeda.

Merangkum dari Consumer Reports, Rabu (10/6/2020), berikut ulasannya.

1. Protokol terhindar dari virus

Sepeda

Meskipun Anda boleh bersepeda, tapi tidak dianjurkan untuk melakukannya secara berkelompok dan selalu menjaga jarak sekiranya dua meter dari orang lain. Lebih disarankan untuk bersepeda bersama anggota keluarga dekat yang tinggal bersama dengan kondisi kesehatan yang baik dan tidak memiliki gejala.

(Baca Juga : Dokter Reisa Broto Asmoro Diperkenalkan Jadi Jubir Covid-19, Begini Respon Warganet)

Anggota keluarga yang sudah tua (lansia) lebih baik tidak bersepeda dan berada di rumah saja. Hindari juga jalur atau jalan yang ramai. Pastikan juga untuk membawa lap untuk membersihkan setang, kursi, rem dan permukaan lain yang biasa disentuh sebelum Anda mengendarai sepeda.

Gunakan pembersih tangan yang tepat dan cuci tangan sesegera mungkin. Setelah bersepeda, pastikan Anda mandi dan bersihkan pakaian termasuk peralatan bersepeda lainnya seperti sarung tangan, kacamata, helm, jaket atau barang yang dikenakan lainnya.

2. Protokol perlengkapan bersepeda yang lengkap dan aman

Pastikan sebelum bersepeda, Anda menggunakan peralatan yang baik dan benar. Beberapa di antaranya adalah helm, kacamata, sarung tangan, pakaian dan lampu. Setiap perlengkapan ini memiliki perannya sendiri dalam bersepeda. Jangan sampai, alih-alih menghindari virus corona, Anda justru melanggar standar minimum yang harus dilakukan dalam bersepeda.

Sepeda

3. Protokol keselamatan di jalan

Tak hanya perlengkapan yang aman dalam bersepeda serta protokol kesehatan terhadap Covid-19, keselamatan dalam perjalanan juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Anda harus mematuhi hukum yang berlaku dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, sinyal, dan marka jalan.

Selalu waspada selama berada di jalan juga tak kalah pentingnya. Beberapa benda seperti lubang, botol, kaca, trotoar dan saluran pembuangan dapat menimbulkan risiko besar bagi pengendara sepeda. Berikan pula sinyal menggunakan gerakan tangan untuk berinteraksi dengan pengendara lain di jalan. Anda juga diimbau untuk tidak ugal-ugalan dalam bersepeda dan menjauhkan penggunaan smartphone selama perjalanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini