Anak Anda Bapil atau Alergi? Coba Cek Gejalanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 481 2227189 anak-anda-bapil-atau-alergi-coba-cek-gejalanya-S6MLu48gI8.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEMILIKI anak kecil yang tengah sakit memang membuat orangtua selalu cemas. Meskipun penyakitnya hanya batuk pilek alias bapil, tapi akan membuat orangtua khawatir apalagi di tengah Pandemi seperti ini.

Tapi, apa benar anak Anda hanya terkena batuk pilek, meskipun gejalanya bersin, hidung meler, batuk, dan sakit tenggorokan, bisa jadi anak Anda alergi loh.

Oleh karena itu Anda harus mengetahui jenis penyebabnya, untuk menentukan obat mana yang harus Anda berikan pada si kecil supaya gejalanya membaik dan kondisinya kembali sehat.

Pasalnya, baik itu flu maupun alergi, keduanya memang menyebabkan bersin, hidung meler, dan sakit tenggorokan.

Alergi pada anak

Bingung? Coba amati beberapa perbedaan flu dan alergi seperti dilansir dari thehealthsite.

Demam

Flu sering kali menyebabkan demam sementara alergi tidak. Ini terjadi karena virus mulai menginfeksi dan menyebabkan peradangan pada tubuh. Demam akibat flu yang terjadi pada anak biasanya akan berlangsung selama 3 atau 4 hari.

Lendir berubah

Flu maupun alergi menyebabkan gejala hidung meler, namun lendir yang dihasilkan akan berbeda. Lendir (ingus) akibat flu pada awalnya tidak berwarna. Dalam beberapa hari ketiga atau kelima, warna lendir akan berubah hijau kekuningan dan lebih kental. Ini berbeda dengan lendir akibat alergi yang selalu tidak berwarna dan cair.

Nyeri otot

Selain demam dan warna lendir, perbedaan flu dan alergi yang perlu Anda amati adalah munculnya rasa nyeri pada tubuh. Pada penyakit flu yang cukup parah, otot dan sendi tubuh biasanya terasa sakit. Sementara alergi tidak menimbulkan gejala ini.

Mata gatal

Gatal dan berair pada mata bukan gejala flu. Gejala ini biasanya lebih umum terjadi pada penyakit alergi. Pada anak yang alergi, kantung mata mereka sering kali membengkak dan menghitam karena sering kali diusap atau digaruk

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini