Kisah Dokter Super Hero, Rela Panas-panasan Pakai Kostum Demi Bahagiakan Pasien

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 612 2226985 kisah-dokter-super-hero-rela-panas-panasan-pakai-kostum-demi-bahagiakan-pasien-Xti0rgRmVy.jpg Dokter super hero (Foto: Inst Dokter Erric)

Dokter asal Bogor, Jawa Barat, ini punya cara unik agar tidak ditakuti pasiennya. Dirinya mengubah alat pelindung diri (APD) yang terkesan menyeramkan menjadi kostum super hero.

Ya, dia adalah dr Rollando Erric Manibuy, SpOT. Dokter Spesialis Orthopedi dan Trauma di tiga rumah sakit yaitu RS Hermina Bogor, RS Medika Dramaga, dan RS Vania itu menggunakan kostum super hero untuk mengganti APD-nya supaya pasien lebih nyaman saat diperiksa.

Ada alasan khusus kenapa dr Erric melakukan aksi yang cenderung unik ini. Menurutnya, ketika dokter menggunakan APD lengkap, pasien merasa ketakutan, sedangkan dokter mesti menggunakan alat pelindung diri.

 dokter super hero

"Saya tuh mikir, pasien kalau lihat dokternya pakai hazmat, pakai respirator, apa nggak malah jadi takut. Kesannya kayak serius banget penyakitnya sampai dokternya ketakutan dan pakai APD lengkap," ungkap dr Erric saat diwawancarai Okezone melalui pesan singkat, Senin malam (9/6/2020).

Pikiran itu yang kemudian menggiring dia untuk berkreasi. Alhasil, bermula pada kecintaannya pada super hero dan dia memang sudah memiliki beberapa kostum mereka, alhasil dr Erric bereksperimen. Dia datang ke rumah sakit pakai kostum super hero.

"Kostum pertama yang saya pakai itu Darth Vader (salah satu karakter yang ada di film serial Star Wars). Saat saya pakai ini, banyak orang yang merespons positif, pasien juga senang," ceritanya.

Padahal, sambung dr Erric, dirinya pakai kostum Darth Vader hanya untuk melihat respons manajemen rumah sakit. "Direktur RS nggak marah, manajemen rumah sakit juga mengapresiasi saya, pasien dan orang lain di rumah sakit juga merasa terhibur," tambahnya.

Sejak saat itu dr Erric tertarik untuk menggunakan kostum super hero saat menangani pasien. Di awal-awal aksinya ini, dia mengaku menggunakan kostum hanya sehari dalam seminggu. Tapi, untuk sekarang hampir setiap hari.

 Baca juga: 2 Biawak Pelukan di Pinggir Jalan, Netizen: Jomblo Nangis Lihat Ini

Namun, saat pertama kali datang ke rumah sakit menggunakan kostum Darth Vader dan membagikan momennya ke Instagram, ada beberapa netizen yang memberi komentar bahwa karakter itu bukan 'super hero'.

"Pas tahu ada yang komen begitu, saya paham dan tahu juga kalau Darth Vader memang bukan kelompok 'super hero' dan lebih pas disebut 'super villain'. Tapi, buat saya Darth Vader is a villain that is so epic, he is also a hero," paparnya.

Dokter kelahiran 12 September 1983 itu punya pandangan lain mengenai kostum yang dia pakai tersebut. Baginya, Darth Vader selalu bikin gentar lawan-lawannya.

"Nah, makanya awalnya saya mau nunjukin kalau saya nggak takut. Selain itu, semoga virus coronanya juga takut saat lihat saya pakai kostum Darth Vader," celetuknya.

Bicara mengenai keribetan saat pakai kostum sambil menangani pasien, dr Erric tak menampik hal tersebut. Bahkan, dia rela panas-panasan di balik kostum 'super hero' tersebut.

Menurut dr Erric, pakai kostum seperti ini membuat dirinya lebih repot dan lebih panas. Walau pakai APD pun bikin gerah, tapi nggak segerah pakai kostum super hero. Tapi, kondisi tersebut ia lawan demi kebahagiaan pasiennya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini