Cek Anda Diabetes atau Tidak lewat Warna Jari Kaki

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 23:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 612 2227218 cek-anda-diabetes-atau-tidak-lewat-warna-jari-kaki-zrQKAKkVV4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TUBUH kita memang memberikan sinyal jika memang ada masalah yang terjadi di dalamnya. Tapi, apakah kita benar-benar paham apa yang terjadi pada tubuh kita sendiri?

Nah, salah satu cara memahami tubuh kita adalah dengan melihat warna jari kaki kita. Melansir Men’s Health, berikut penjelasan tentang warna kaki.

Dr. Miguel Cunha, pendiri Gotham Footcare, menjelaskan, kuku kaki berwarna kuning dan cokelat disebabkan karena adanya masalah dengan sistem pernapasan atau sistem limfatik, meskipun penyebab yang sering terjadi adalah karena diabetes atau hal lain yang lebih umum.

Selain itu, kondisi kuku kaki berwarna kuning atau cokelat bisa disebabkan oleh jamur yang yang ada dalam sepatu. Kuku akan menjadi tebal dan rapuh.

Kuku kaki

“Kondisi ini dapat disebabkan karena jamur mikroskopis menginfeksi satu kuku atau lebih. Organisme ini biasanya tumbuh subur di lingkungan yang gelap, hangat, dan lembab,” kata dr. Cunha.

Dr. Cunha juga menambahkan sepatu merupakan tempat yang sempurna untuk jamur tumbuh. Kondisi awal ditandai dengan infeksi kulit. Jamur yang menginfeksi kuku dapat menyebabkan kuku menjadi pucat, tebal, dan rapuh.

Perawatan untuk kondisi seperti ini dilakukan tergantung dari keparahan yang Anda alami, dokter bisa saja melakukan biopsi kuku untuk mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Anda bisa saja mencoba laser kuku untuk mempercepat proses penyembuhan, namun cara tersebut dapat menyakitkan dan belum terbukti lebih baik daripada proses penyembuhan yang lain

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini