Mulai Kerja di Era New Normal, Yuk Bersihkan Sepatu Kulit Kita

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 194 2227769 mulai-kerja-di-era-new-normal-yuk-bersihkan-sepatu-kulit-kita-Clg45I79Os.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEMERINTAH DKI Jakarta memang tengah menerapkan masa transisi new normal. Pada era new normal ini, kendaraan umum dan karyawan sudah bisa masuk kembali seperti biasa.

Meski demikian, mereka yang masuk harus menerapkan protokol new normal sesuai dengan ketentuan pemerintah. Nah, jika Anda termasuk orang yang harus kembali bekerja, sudah saatnya Anda mempersiapkan kembali outfit-outfit andalan, termasuk sepatu.

Jika kebetulan Anda memiliki sepatu berbahan kulit atau suede. Coba dicek lagi, apakah sepatu yang Anda miliki masih dalam kondisi baik? Apalagi jika Anda menyimpan di tempat lembap.

Karena itu, penting untuk melakukan perawatan ekstra terhadap alas kaki yang Anda gunakan. Berikut triknya seperti dihimpun Okezone dari popsugar.

tips merawat sepatu kulit

Diangin-anginkan dan hindari dari paparan sinar matahari

Setelah dibersihkan, cukup angin-anginkan dengan cara menaruhnya di tempat terbuka. Bila perlu, keringkan sepatu dengan kipas angin untuk menjaga elastisitas bahan sepatu.

Jangan menggunakan panas untuk mengeringkan kulit dengan harapan panas akan mengeringkan kulit lebih cepat. Sepatu kulit yang basah membutuhkan beberapa hari sampai benar-benar kering.

Jangan bersihkan menggunakan air

Meski sepatu Anda sangat kotor, hindari mencucinya dengan air. Apalagi untuk alas kaki berbahan suede karena air akan membuat warna dan tekstur menjadi semakin rusak. Bisa jadi sepatu Anda tak bisa dipakai lagi.

Bedak dan tepung maizena

Segeralah lap area yang basah dengan kain kering atau handuk. Kemudian, lapiskan bagian itu dengan bedak atau tepung maizena. Diamkan sepatu itu semalaman. Keesokan harinya, bersihkan sepatu suede dengan sikat suede untuk menghilangkan bubuk yang mengering.

Bawa sepatu ke jasa cuci sepatu profesional

Untuk mengembalikan warna dan bentuk sepatu seperti semula, Anda bisa membawanya ke tempat cuci profesional. Kini sudah banyak gerai-gerai yang menawarkan jasa cuci sepatu. Meski harus mengeluarkan biaya yang lebih, sepatu lebih terjamin untuk kembali bersih dan tentunya terhindar dari kerusakan.

Bersihkan sepatu setelah digunakan

Atau Anda bisa membersihkan dengan air biasa atau sampo khusus agar sisa-sisa kotoran yang menempel hilang dengan cara disikat. Setelah bersih, sepatu dilap menggunakan kain kering, tisu kasar, atau semacamnya agar air mengendap di pori-pori sepatu terserap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini