Tips Mengolah Bawang Putih dari Dokter Gizi untuk Tingkatkan Imunitas

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 298 2227495 tips-mengolah-bawang-putih-dari-dokter-gizi-untuk-tingkatkan-imunitas-QJIDkECA8m.jpg Bawang Putih (Foto : Shutterstock)

Tak sedikit dari masyarakat kita rutin mengonsumsi bawang putih di saat pandemi. Bumbu masak satu ini dipercaya meningkatkan imunitas tubuh.

Menurut laman Health Line, bawang putih memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh. Sebut saja rendah kalori, melawan penyakit yang ada di tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, dan baik untuk kesehatan jantung.

Bawang Putih

Terkait dengan imunitas tubuh, bawang putih merupakan salah satu bumbu masak alami yang tergolong dalam prebiotik atau 'makanan' bagi probiotik di usus. Dengan kecukupan prebiotik per hari, imunitas tubuh akan kuat.

(Baca Juga : Potret Cantik Reisa Broto Asmoro Kenakan Seragam Dokter)

Begitu juga yang diterangkan Dokter Gizi Klinik RSPI Bintaro Jaya dr Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK, salah satu prebiotik yang baik untuk tubuh adalah bawang putih.

"Bumbu masak ini menyehatkan sistem cerna. Dengan sistem pencernaan yang baik, imunitas tubuh juga akan baik. Sebab, berdasarkan penelitian 70% sistem imunitas tubuh dipengaruhi oleh kesehatan sistem cerna," kata dr Diana saat Webinar, Rabu (10/6/2020).

Dalam penjelasannya, dr Diana coba membagikan sedikit saran bagaimana mengolah bawang putih di menu makanan dengan maksud meningkatkan sistem imun tubuh.

Dia menerangkan, jika misalnya Anda mau bikin orek tempe kecap, maka jangan ragu untuk menambahkan bawang putih, bahkan bawang bombai. "Ingat, masaknya ajangan terlalu matang, yang sedang-sedang saja," sarannya.

Bawang Putih

Menjadi catatan penting, jangan terlalu matang memasak prebiotik atau probiotik. Sebab, gizi di dalam makanan tersebut akan hancur kalau dimasak terlalu matang.

"Memang, di situasi pandemi seperti sekarang kita disuru untuk makan yang matang. Tapi, saya sarankan jangan mengonsumsi yang overcooked, nanti nilai gizi yang ada di dalam makanan tersebut tidak akan banyak dan tubuh tidak merasakan manfaatnya dengan maksimal," tambahnya.

Menu yang sederhana itu ternyata sudah mengandung probiotik dan prebiotik. Dengan kecukupan tersebut, sistem pencernaan pun akan sehat dan akhirnya imunitas tubuh kuat. "Ingat, ya, sistem pencernaan sehat, imunitas kuat," pungkas dr Diana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini