4 Tips Merawat Dapur di Tengah Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 298 2227810 4-tips-merawat-dapur-di-tengah-pandemi-covid-19-C3kbrMhz0w.jpg Dapur bersih (Foto: HGTV)

Dapur bersih dan rapih adalah dambaan semua orang. Oleh sebab itu Anda harus merawat area yang satu ini supaya tetap terjamin kebersihannya dan tidak berbahaya bagi keluarga kecil Anda. Tentunya membersihkan dapur tidak bisa dilakukan secara sembarangan, diperlukan tindakan-tindakan khusus supaya upaya tersebut berjalan dengan efektif.

Merangkum dari Asia One, Rabu (10/6/2020), berikut 4 tips merawat dapur dengan benar agar selalu terlihat bersih dan rapih. Berikut ulasannya.

dapur

1. Bersihkan secara teratur

Untuk mencegah kuman berkembang biak di dalam dapur, Teknisi Laboratorium Inggris, Jonathan Hughes mengatakan seseorang bisa menggunakan air sabun panas sesudah digunakan. Anda bisa melakukan pembersihan mingguan dengan menggunakan desinfektan seperti larutan pemutih encer untuk menjaga dapur tetap higienis serta mengurangi jumlah bakteri.

2. Berikan waktu untuk membunuh kuman

Saat Anda menggunakan pemutih sebagai desinfektan, diamkan area dapur Anda selama tiga menit sebelum membersihkannya dengan kain bersih. Anda dapat mengikuti instruksi pada kemasan untuk memastikan desinfektan dapat membunuh kuman secara efektif.

3. Cuci tangan dan bersihkan peralatan masak sebelum digunakan

Selama pandemi virus corona Covid-19, masyarakat diajarkan untuk rajin mencuci tangan. Hal yang sama juga wajib dilakukan sebelum dan sesudah Anda menyiapkan makanan. Terlebih ketika menangani daging atau sayuran mentah yang membawa banyak bakteri. Sebelum masak bersihkan peralatan dapur dan pastikan mengelap semua permukaan pada benda tersebut.

 Baca juga: Pesan Dokter Reisa Buat Pekerja: Jangan Malu Bawa Bekal Makanan

4. Bersihkan dapur usai masak

Segera bersihkan dapur usai memasak. Jangan malas, apalagi membiarkan kotor selama seharian guna mencegah perkembangan kuman.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini