Dokter Cantik Reisa Minta Kamu Bawa Bekal ke Kantor? Masak Tumis Ayam Kecap Lezat Yuk

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 298 2227827 dokter-cantik-reisa-minta-kamu-bawa-bekal-ke-kantor-masak-tumis-ayam-kecap-lezat-yuk-CVkxiUAmsq.jpg Ayam kecap. (Foto: Instagram/@luis_widarto)

DOKTER Reisa Broto Asmoro menyarankan para pekerja yang kembali beraktivas di kantor untuk membawa bekal sendiri. Kira-kira menu apa ya yang enak dijadikan bekal ke kantor?

Pastinya kamu memilih menu yang praktis dimasak dan tidak ribet saat dibawa ke kantor. Nah, ayam tumis kecap jadi salah satu pilihannya.

Simak resepnya, seperti dikutip dari buku 60 Resep Paket Menu Sehari-hari Aneka Lauk dan Sayur, karya Dwi Nurmala, Rabu (10/6/2020).

ayam kecap

Bahan-bahan:

1/2 ekor ayam, potong 4 bagian

1 sdt garam (untuk melumuri ayam)

4 lembar daun salam

1 butir bunga pekak

2 cm kayu manis

2 sdm kecap manis

50 ml air

Garam dan gula pasir secukupnya

1/2 butir bawang bombai, potong kotak

1/2 buah paprika merah, potong kotak

1 batang daung bawang, potong 1 cm

Haluskan:

5 butir bawang merah

3 siung bawang putih

1/4 sdt merica butir

1/4 biji pala

1/2 biji ketumbar

Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

1. Lumuri ayam dengan sedikit garam dan bumbu halus, diamkan selama 10 menit. Goreng dalam minyak panas sampai matang. Angkat dan tiriskan;

2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus bersama daun salam, bunga pekak, dan kayu manis sampai harum dan matang. Tambahkan kecap manis, air, garam dan gula pasir, aduk rata;

3. Masukkan ayam goreng, bawang bombai, paprika, dan daun bawang. Aduk sampai rata. Masak ayam sampai bumbu meresap. Angkat dan hidangkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini