Perlukah Gunakan Masker saat Berolahraga?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 481 2227252 perlukah-gunakan-masker-saat-berolahraga-2nLc5eBhjw.jpg Ilustrasi olah raga lari (Foto: Getty Image)

SEJAK Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan, masyarakat ramai-ramai mengunjungi tempat-tempat umum, termasuk tempat untuk berolahraga. Namun, banyak di antara mereka yang masih bingung apakah mereka wajib menggunakan masker ketika berolahraga.

Menanggapi hal tersebut, Dokter Andhika Raspati SpKO mengatakan, menggunakan masker saat berolahraga berisiko meningkatkan beban kerja organ tubuh.

"Saat kita lagi olahraga tubuh butuh banyak oksigen. Kalau dihambat pakai masker, maka tubuh akan memaksa untuk mencari oksigen, paru-paru akan kerja lebih keras, jantung juga kerja lebih keras," ujarnya di Instagram seperti dikutip Okezone pada Rabu (10/3/2020).

Ilustrasi masker 

Baca juga: Dokter Reisa Broto Asmoro Diperkenalkan Jadi Jubir Covid-19, Begini Respon Warganet

Ia menambahkan, virus corona menyebar melalui droplet, bukan udara bebas. Dan ketika seseorang berolahraga, tentu mereka akan fokus dan tidak berinteraksi dengan orang lain.

 

"Droplet tidak bisa melayang di udara dalam waktu lama. Jadi selama kita bisa menjaga jarak aman ya tidak masalah," sambungnya.

Di sisi lain, dr Michael Triangto, SpKO, Spesialis Kedokteran Olahraga menyebut kesulitan bernapas tentunya wajar, karena tujuan utama memakai masker adalah melindungi pemakainya dari kemungkinan terinfeksi virus. Selain itu, untuk melindungi orang lain dari kemungkinan Anda menginfeksi mereka, terutama bila Anda sedang tidak sehat.

"Berolahraga sambil pakai masker, maka dapat dimengerti bila ada yang merasa sesak napas terutama pada olahraga berintensitas berat," kata dr. Michael Triangto dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan seseorang. Apakah memang sehat atau sebelumnya sudah memiliki gangguan kesehatan misalnya TBC paru? Bila memang sudah punya gangguan kesehatan, maka berolahraga berat dengan pakai masker malah bisa berakibat fatal hingga membahayakan nyawa seseorang.

Ilustrasi penggunaan masker 

"Tentunya mudah dipahami jika Anda merasa kurang sehat, tentunya tidak boleh untuk berolahraga. Terlebih lagi olahraga berintensitas berat yang bisa berisiko memicu gangguan kesehatan, meskipun ia tidak menggunakan masker," kata dr. Triangto.

Tapi, jika Anda memang ingin berolahraga di luar ruang maka pakai masker bedah juga sudah cukup. Ini karena masker bedah memiliki kemampuan rendah untuk menyaring udara sehingga pada pemakaiannya tidak terlalu menyesakkan. Bila ingin lebih nyaman, Anda bisa pakai masker kain saat olahraga di luar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini