Dokter Gizi: New Normal Meningkatkan Imunitas Tubuh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 481 2227491 dokter-gizi-new-normal-meningkatkan-imunitas-tubuh-X0qjuXJ3jF.jpg Kebiasaan baru di transisi new normal (Foto : Heru/Okezone)

Perubahan perilaku yang dijalani masyarakat saat New Normal diharapkan mencegah penyebaran Covid-19 walau aktivitas sudah berjalan normal.

Kebiasaan hidup sehat dan bersih menjadi protokol kesehatan yang wajib dijalankan tanpa pengecualian. Apalagi bagi Anda yang beraktivitas di luar rumah, misalnya menggunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak aman antarorang, dan mengonsumsi makanan sehat dengan seimbang.

Bukan hanya mencegah Covid-19, kebiasaan baru yang diterapkan di New Normal ini ternyata mampu meningkatkan imunitas tubuh. Bagaimana bisa? Padahal, saat New Normal Anda diminta hidup berdampingan dengan virus corona.

(Baca Juga : Potret Cantik Reisa Broto Asmoro Kenakan Seragam Dokter)

Dijelaskan Dokter Spesialis Klink RSPI Bintaro Jaya dr Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK, New Normal jelas memengaruhi imunitas. Dengan menjalani kebiasaan hidup bersih dan sehat yang diwajibkan di situasi sekarang, itu membuat tubuh lebih kuat melawan virus.

Masker

"Dengan menjalankan kebiasaan baru di lingkungan sosial, ini akan membuat imunitas tubuh kuat, tidak mudah terinfeks," katanya saat Webinar, Rabu (10/6/2020).

Dokter Diana melanjutkan, kebiasaan baru itu seperti menjaga makanan yang bergizi, menjaga kesehatan, jaga jarak, dan protokol kesehatan lainnya yang direkomendasikan pemerintah.

Dalam situasi seperti ini, dr Diana menyarankan juga agar masyarakat tidak terlalu santai menyikapi kondisi. Sebab, dengan mengabaikan protokol kesehatan, ini malah memperluas risiko penyebaran Covid-19.

Misalnya dengan berkerumun atau datang ke area yang penuh orang-orang. Sikap yang terbaik adalah menjauhi area tersebut. "Sebab, nggak ada yang bisa memastikan apakah semua orangitu tidak membawa virus yang mudah menyebar ke orang lain," tegasnya.

"Kita semua nggak boleh terlalu santai menyikapi pandemi ini karena sudah New Normal, tapi jangan juga terlalu parno. Baiknya itu adalah waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan," tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini