Dapur Rentan Jadi Sarang Kuman Ketimbang Kloset

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 481 2227777 dapur-rentan-jadi-sarang-kuman-ketimbang-kloset-y1AQKe3ASS.jpg Ilustrasi. (Freepik)

JIKA berpikir toilet adalah tempat yang kotor dan penuh dengan kuman, maka Anda akan terkejut, bila dapur rumah merupakan tempat berkembang biaknya penyakit. Dapur tanpa disadari menjadi sarang kuman untuk berkembang biak dalam rumah.

Bisa dibilang bahwa dapur lebih kotor daripada dudukan toilet atau kloset. Ahli Mikrobiologi sekaligus Profesor di Universitas Arizona di Tucson, Charles Gerba, mengatakan, seseorang akan lebih aman untuk membuat salad di atas dudukan toilet daripada harus memotongnya di atas talenan.

kloset

Sebagaimana dilansir Asia One, Rabu (10/6/2020), dalam studi baru oleh Currys PC World yang merupakan Teknisi Laboratorium Inggris, Jonathan Hughes, tes swab dilakukan untuk mengungkap area paling kotor di dapur. Dapur diuji untuk patogen seperti Salmonella, Escherichia coli (E.coli) dan Faecal streptococci (FS).

Bakteri tersebut dapat menyebabkan diare, muntah, demam, mual dan banyak ketidaknyamanan fisik lainnya. Fakta ini tentu sangat tepat waktu untuk dipublikasikan, pasalnya sejak pandemi Covid-19, masyarakat telah meningkatkan upaya mereka untuk menjaga kebersihan rumah supaya terhindari dari infeksi penyakit.

dapur

Sebagaimana diketahui, masyarakat menghabiskan waktu lebih banyak waktu di dapur untuk memanggang dan memasak sejak lockdown. Tentunya kondisi ini membuat kuman lebih cepat dalam berkembang biak. So, jagalah kebersihan dapur Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini