Mitos atau Fakta, Baby Oil Bisa Bunuh Kutu Rambut?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 611 2227818 mitos-atau-fakta-baby-oil-bisa-bunuh-kutu-rambut-yHdz3dTHmQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APAKAH kamu memiliki masalah kutu rambut? Kutu rambut memang membuat gatal, dan cenderung sulit dibasmi, meskipun memakai sampo antikutu.

Tapi, sebenarnya kutu rambut bisa diatasi dengan mudah loh. Tidak perlu sampo mahal atau perawatan rutin yang sulit, tapi cukup dengan baby oil.

Tapi, melansir usnews, Ellie Brownstein, seorang dokter spesialis anak di Greenwood Health Center, University of Utah Amerika Serikat memperingatkan, pengobatan rumahan untuk menghilangkan kutu rambut seperti yang sudah disebutkan di atas sebetulnya hanya membuat kutu lemas atau “pingsan” untuk sementara waktu.

Dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda untuk membersihkannya dari kulit kepala. Satu-satunya cara yang aman dan efektif untuk mengobati kutu di rambut adalah dengan menggunakan sampo antikutu atau obat dari resep dokter.

Pasalnya, meski kutunya sudah terlepas dari rambut, telur kutu (nits) belum tentu mati dan sangat mungkin masih menempel di rambut Anda.

kutu rambut

Selain itu, tidak semua orang cocok dengan bahan-bahan tersebut. Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, penggunaan bahan-bahan seperti minyak zaitun, mayones, baby oil, dan lain sebagainya mungkin malah menimbulkan reaksi alergi.

Maka dari itu, ketimbang harus coba-coba cara menghilangkan kutu rambut dengan pengobatan ala rumahan, sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Dokter dapat menentukan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

American Academy of Pediatrics (AAP) melaporkan bahwa cara menghilangkan kutu rambut yang paling efektif adalah dengan pakai obat antikutu. Obat antikutu ini tersedia dalam berbagai macam varian mulai dari krim bilas, sampo, gel, mousse, atau produk rambut lainnya. Anda bisa mendapatkan obat kutu ini dengan atau tanpa resep dokter.

Obat kutu hanya boleh digunakan jika rambut Anda terbukti kutuan. Gunakan obat antikutu sesuai petunjuk pemakaian obat yang ada di kemasan atau sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter.

Penting juga diperhatikan bahwa obat antikutu tidak boleh diberikan pada bayi dan anak-anak di bawah usia dua tahun, kecuali dokter menganjurkan hal tersebut.

Berhubung kutu adalah hewan yang sangat kecil, Anda dapat menggunakan kaca pembesar untuk membantu melihat kutu dengan jelas. Anda juga dapat menggunakan sisir kusut (serit) untuk membuang kutu rambut dari kulit kepala.

Selain itu, kutu dapat menyebar melalui penggunaan barang-barang secara bergantian. Pakaian, seprai, sisir, sikat rambut, ikat rambut, topi, bantal, dan selimut adalah media penyebaran kutu yang paling umum.

Itu sebabnya, selama menjalani pengobatan, pastikan Anda tidak menggunakan barang-barang tersebut secara bergantian dengan orang lain untuk sementara waktu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini