Kak Seto: Orangtua Harus Ciptakan Suasana Belajar Penuh Senyuman

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 196 2228466 kak-seto-orangtua-harus-ciptakan-suasana-belajar-penuh-senyuman-kTMh89V28A.jpg Anak perlu dilindungi (Foto: Pixabay)

Pakar Psikolog dan Keluarga, Alissa Wahid mengatakan, terdapat 4 tantangan kehidupan keluarga di masa pandemi Covid-19. Antara lain tekanan psikososial ekonomi pribadi dan keluarga, ketidakpastian masa depan, keterbatasan ruang psikologis pribadi akibat berbagi ruang selama masa #dirumahaja, fondasi keluarga dan hubungan antar anggota keluarga.

Alissa menjelaskan, anak menjadi seperti apa, itu adalah tanggungjawab orangtua. “Jangan mencemaskan apakah anak-anak kita dapat menjadi orang yang baik. Cemaskanlah apakah kita dapat menjadi orangtua yang baik bagi anak-anak kita,” katanya belum lama ini.

 anak belajar

Seperti dilansir dari website Kemen PPPA, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi yang akrab disapa Kak Seto mengungkapkan, orangtua harus memposisikan diri sebagai pertama dan utama dalam pengasuhan anak di keluarga.

 Baca Juga : Renovasi Rumah, Intip Gaya Marion Jola Ngecat Tembok

"Orangtua juga harus bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, gembira, dan penuh senyuman. Tidak boleh ada kekerasan karena hanya akan merusak karakter anak," kata Kak Seto.

Di tengah pandemi Covid-19, selain perempuan, anak-anak juga rentan mendapatkan kekerasan. Oleh karena itu orangtua harus lebih peduli kepada anak-anaknya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini