New Normal, Jangan Gunakan Pisau yang Sama untuk Makanan Mentah dan Matang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 05:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 298 2228254 new-normal-jangan-gunakan-pisau-yang-sama-untuk-makanan-mentah-dan-matang-Psy2g009Ll.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Menjaga asupan makanan bergizi di tengah pandemi sangat penting. Hal ini berkaitan dengan imunitas tubuh yang pada akhirnya bertujuan melawan virus corona.

Perlu Anda sadari, ketika Anda mengonsumsi makanan bergizi dengan waktu makan yang teratur, ini akan meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, 70 persen kekuatan imunitas itu dipengaruhi sistem pencernaan yang sehat.

Bicara mengenai mengolah bahan makanan, Dokter Spesialis Gizi Klink RSPI Bintaro Jaya dr Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK, punya beberapa tips yang bisa Anda terapkan di rumah.

Salah satunya ialah jangan pernah malas untuk cuci tangan sebelum mengolah bahan makanan. Pastikan juga bahan makanan dicuci dengan air mengalir.

Baca Juga : Cegah Covid-19, Bawa 4 Keperluan Pribadimu Sendiri saat ke Kantor

Hal yang kerap diabaikan orang-orang adalah tahap memotong. Ya, banyak masyarakat yang merasa ribet ketika harus mengganti alat pemotong dan talenannya. Jadi, satu pisau untuk semua bahan makanan, padahal ini berbahaya.

Tips Masak

"Saya sangat sarankan agar pisau dan talenan yang digunakan untuk memotong bahan makanan mentah (daging misalnya) itu dibedakan dengan pisau untuk memotong buah, sayur, atau bahan makanan matang," ungkapnya pada Okezone, Jumat (11/6/2020).

Ada alasan kenapa hal tersebut mesti dilakukan. Menurut dr Diana, pisau yang digunakan untuk semua bahan makanan memungkinkan terjadi kontaminasi silang bakteri. Jadi, bakteri yang ada di bahan makanan mentah bisa saja pindah ke bahan makanan lainnya.

"Kalau menggunakan pisau dan talenan yang sama, bakteri dari makanan mentah dapat berpindah ke makanan yang matang. Ini bisa memengaruhi kualitas makanan nantinya," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini