Tsamara Nilai Netizen Cuma Fokus dengan Wajah Dokter Reisa, Ini Komentar Sujiwo Tejo

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 481 2228375 tsamara-nilai-netizen-cuma-fokus-dengan-wajah-dokter-reisa-ini-komentar-sujiwo-tejo-7Ltk7iVJub.jpg Dokter Reisa (Foto: Inst)

Sejak jadi juru bicara pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 pada Senin, 8 Juni 2020, popularitas Dokter Reisa Broto Asmoro melonjak. Namanya makin berkibar dan jadi trending topik di media sosial.

Banyak netizen yang memuji-mujinya karena kepintaran dan kecantikannya. Namun ternyata puja-puji netizen kepada Dokter Reisa mendapat kritikan tajam dari Ketua DPP PSI, Tsamara Amany.

Tsamara menilai bahwa publik cenderung fokus dengan wajah dan penampilan Reisa yang cantik dibanding informasi atau isi dari pesan penting yang disampaikan.

 Tsamara

"dr Reisa bicara tentang pakai masker, cuci tangan, & berbagai hal yg perlu dilakukan untuk cegah Covid-19. Sebagian netizen lebih memilih fokus dengan wajah & penampilannya. Nasib perempuan di ranah publik. Substansi selalu dinomorduakan," cuit Tsamara.

Namun tanggapan berbeda justru dilontarkan oleh budayawan Indonesia Sudjiwo Tedjo. Dia menanggapi kritikan netizen termasuk Tsamara dengan sebuah analogi bernuansa sarkas.

 Baca Juga : Cegah Covid-19, Bawa 4 Keperluan Pribadimu Sendiri saat ke Kantor

"Dilema lelaki kini, sibuk membahas kecantikan instruktur sampai lupa membahas instruksinya tentang penggunaan masker dan cuci tangan, dianggap menjadikan fisik perempuan sebagai obyek. Bila sebaliknya, dianggap dingin karena tak menghargai perempuan yang sudah capek dandan," tulis dia.

Terlepas dari perdebatan tersebut, kehadiran Dokter Reisa Asmoro Broto dalam membantu penyampaian update pandemi Covid-19 memang telah terbukti berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini