Belum Ada Vaksin Covid-19, Dokter Reisa: Yuk Disiplin Laksanakan Protokol Kesehatan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 481 2228495 belum-ada-vaksin-covid-19-dokter-reisa-yuk-disiplin-laksanakan-protokol-kesehatan-T0x1jceq7R.jpg Dokter Reisa (Foto: Inst)

Para ilmuwan masih berjuang menemukan vaksin virus corona untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Berbagai uji coba sebetulnya telah dilaksanakan, namun belum dapat dipastikan kapan vaksin yang efektif dapat diciptakan.

Sebagai alternatif, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengimbau masyarakat dunia untuk mematuhi dan menerapkm protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari cuci tangan yang rutin, jaga jarak sosial, dan mengenakan masker. Protokol inilah yang dapat menjadi tameng untuk mengurangi risiko penularan.

 mencari vaksin Covid-19

Hal senada juga disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro, dia mengatakan, kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan tersebut serta mengonsumsi makanan bergizi, merupakan satu-satunya cara untuk melindungi diri dari paparan virus corona.

"Protokol kesehatan yang harus sering dilakukan adalah mencuci tangan yang baik dan benar. Karena lebih dari 1.000 jenis kuman bakteri virus jamur dapat terbawa di tangan kita. Bagi teman-teman dokter dan para petugas kesehatan di rumah sakit, penelitian menunjukkan bahkan lebih besar lagi potensi mereka tertular," ungkapnya dalam konferensi pers di BNPB kemarin.

 Baca Juga : Psikopat Cenderung Tak Peduli Penyebaran Covid-19

Bukan tanpa alasan, Reisa menambahkan tangan tak hanya menjadi media penularan virus penyakit, tetapi juga ikut andil dalam mengontaminasi tubuh dengan gerakan-gerakan yang seringkali tidak kita sadari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini