Wasao Anjing Ikonik Asal Jepang Meninggal Dunia di Usia 13 Tahun

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 612 2228504 wasao-anjing-ikonik-asal-jepang-meninggal-dunia-di-usia-13-tahun-gJGm4VLUSw.jpg Wasao anjing ikonik Jepang meninggal dunia (Foto : Nextshark)

Seekor anjing di Jepang yang menjabat sebagai kepala stasiun yang telah menginspirasi film pada 2011 meninggal dunia pada awal pekan ini di usia 13 tahun. Anjing jantan berjenis Akita tersebut bernama Wasao. Jika dikonversi dengan umur manusia, usia Wasao setara dengan seseorang berumur 90 tahun.

Seperti diketahui ras Akita adalah jenis anjing besar yang berasal dari daerah pegunungan di utara Jepang. Ras jenis ini terkenal kuat, mandiri dan sangat setia kepada pemiliknya. Pada masa lalu, anjing ini bertugas untuk menjaga kaum bangsawan dan memburu predator seperti beruang, babi hutan dan rusa.

Sebagaimana dilansir Nextshark, Kamis (11/6/2020), Wasao yang tinggal di Ajigasawa, Prefektur Aomori berhasil memperoleh popularitas di Jepang setelah pebisnis Setsuko Kikuya mengadopsinya pada 2007 dan mengunggah artikel tentang dirinya secara online.

wasao

Penampilan Wasao yang unik akhirnya membuat anjing ini mendapatkan julukan Busa Kawaii yang merupakan kombinasi dari kata Jepang yakni Busaiku (Jelek) dan Kawaii (Imut). Setelah menjadi terkenal, Wasao terlibat dalam berbagai kegiatan termasuk kunjungan ke daerah-daerah yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami 2011.

Baca Juga : Pesona Reza Artamevia Pakai Masker Rantai, Dibilang Mirip Julia Perez

Anjing pintar ini juga menjabat sebagai kepala stasiun pariwisata di Stasiun Lokal JR Ajigasawa. Tak hanya itu, Wasao juga meraih popularitas setelah membuat film paa 2011 yang memiliki judul sesuai dengan namanya.

Setelah Kikuya meninggal dunia pada 2017, bulu-bulu Wasao mulai rontok dan membuatnya menjadi tampak kesal. Menurut anggota tim dalam film Wasao, kondisi anjing pintar tersebut semakin memburuk pada April 2020. Bahkan Wasao sudah tidak mampu lagi berdiri.

Menurut media lokal setempat, tim proyek film Wasao berencana untuk mengadakan acara perpisahan untuk menghormati anjing pintar tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini